Wanita Hamil Naik Pesawat? Boleh kok!

Wanita hamil bolehkah naik pesawat? Pertanyaan ini kerapkali ditanyakan. Jika ibu hamil tidak diperbolehkan naik pesawat apa jadinya dengan ibu hamil yang bekerja dan mengharuskannya dinas kemana-mana dengan menggunakan transportasi udara ini, bagaimana jika liburan tiba? Tentu akan sangat bosan liburan panjang diam di rumah.

Ibu hamil naik pesawat? Boleh kok! Tapi tentu perlakuannya berbeda dengan orang yang tidak hamil. Ada beberapa yang harus dilakukan agar perjalanan aman dan nyaman. American College of Obstetrician and Gynecologist (ACOG), sebuah organisasi dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Amerika Serikat menyatakan sesekali ibu hamil naik pesawat boleh dan aman dengan usia kehamilan di bawah 36 minggu, syarat lainnya adalah ibu hamil tidak memiliki komplikasi di saat hamil atau penyakit lainnya.

Berikut tips aman dan nyaman bagi ibu hamil naik pesawat:

  1. Usia kehamilan antara 36 – 38 minggu dan penerbangan tidak lebih dari 4 jam.
  2. Janin yang dikandung bukanlah janin kembar.
  3. Tidak berisiko tinggi seperti memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung, pembuluh darah, kelainan plasenta, dan risiko kelahiran prematur.
  4. Jika usia kehamilan masih muda atau di trisemester awal sebaiknya tidak melakukan perjalanan dengan pesawat karena bisa meningkatkan rasa mual, atau lebih baik jika membawa kantong plastik ekstra di kabin untuk berjaga-jaga.
  5. Membawa serta riwayat kesehatan kehamilannya dan berkonsultasi dengan awak pesawat agar jika ada sesuatu terjadi bisa dicarikan solusi paling tepat.
  6. Jika dalam penerbangan merasakan kontraksi yang makin lama makin sering segera beritahu pramugari untuk ditangani lebih cepat. Pramugari diajarkan menangani penumpang hamil yang hendak melahirkan.
  7. Jika memungkinkan ajak dokter ikut bersama Anda, apalagi jika proses kelahiran sudah semakin dekat.
  8. Posisi duduk lama dalam penerbangan dapat meningkatkan risiko pembentukan darah menggumpal (blood clot), yang dapat menjadi fatal. Karena itulah jika ingin pergi dengan pesawat usahakan tidak lebih dari 4 jam perjalanan.

So, Ibu hamil naik pesawat? Boleh kok!