Usia Kehamilan yang Normal

Ada ibu hamil yang melahirkan bayi pada usia kandungan 7 bulan, ada juga yang melahirkan saat usia kandungan 10 bulan bahkan lebih. Sebagian yang lain melahirkan tepat pada usia kandungan 9 bulan. Lalu, sebetulnya berapa sih usia kehamilan yang normal?

Usia kehamilan yang normal adalah 40 minggu, tepatnya sekitar 9 bulan 10 hari. Pada usia kehamilan yang tidak normal bayi bisa lahir sebelum atau sesudahnya, dimana pada saat kelahiran tidak normal itu ada dampak yang menyertainya seperti misalnya kelahiran prematur dimana sang bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena memang fungsi dari organ tubuhnya belum terbentuk secara sempurna. Di sisi lain bayi yang lahir lebih lama dari usia kehamilan yang normal kecenderungan tercekik tali pusat karena bobot tubuhnya sudah terlalu besar untuk bergerak dalam perut sehingga membuatnya terjebak dengan tali pusat, selain itu bayi yang lahir lebih lama dari usia kandungan normal cenderung lahir melalui operasi karena sudah tidak memungkinkan lewat jalur normal dengan ukuran tubuhnya yang besar.

Namun, jika bayi tidak benar-benar tepat pada usia 9 bulan 10 hari, 2 minggu sebelum ataupun 2 minggu sesudah tanggal perkiraan masih dianggap wajar selama kondisi si ibu dan janin dalam keadaan sehat. Adapun biasanya perkiraan tanggal lahir dipantau dan diinformasikan oleh dokter kandungan. Dengan memantau terus usia kandungan, memungkinkan Anda melahirkan bayi secara normal. Bayi yang dilahirkan secara normal dengan usia kehamilan yang normal bisa menghasilkan bayi yang sehat baik secara fisik maupun mental, saat lahir si bayi akan terlihat sempurna dengan wajah bulat dan warna kulit yang merah.

Nah, tentu Anda ingin melahirkan dalam usia kehamilan yang normal bukan? Untuk itu mulailah mendeteksi kehamilan Anda sejak dini.

Beberapa panduan menghitung kehamilan Anda:

  1. Berdasarkan siklus terakhir haid Anda lalu mulailah menghitung per minggu dari jadwal itu.
  2. Memastikan usia janin dan kehamilan dengan melakukan USG. Alat bantu kedokteran ini bisa dipakai jika si ibu memang benar-benar lupa kapan hari terakhir haid.

Lakukan pemeriksaan usia kandungan sejak dini karena semakin besar usia kehamilan semakin sulit menentukan usianya walaupun melalui USG.