Top Tips Perawatan Setelah Keguguran

Apapun penyebab keguguran terjadi, langkah selanjutnya adalah merawat ibu yang mengalami keguguran dengan sebaik mungkin baik secara fisik maupun psikisnya.

Top tips perawatan setelah keguguran yang bisa dilakukan adalah:

  1. Mengembalikan kepercayaan diri bahwa janin yang sudah keluar bukanlah sepenuhnya salah Anda. Anda harus tetap berdiri kuat dan menyiapkan diri untuk langkah sehat selanjutnya. Jalan Anda masih panjang dan waktu yang disediakan untuk proses kehamilan kembali masih ada. Jadi jangan bersedih.
  2. Melepaskan diri dari rasa emosional karena kehilangan dengan membiarkan Anda menangis tetapi tidak berlebihan, mintalah dukungan suami untuk selalu bersama Anda setiap saat.
  3. Berpikir positif bahwa apapun yang telah terjadi memiliki makna tersendiri yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Kehilangan bukan berarti kehilangan, bakal anak Anda sudah ada di hati Anda jauh sebelum peristiwa keguguran ini terjadi. Menyayangi yang sudah ada di surga.
  4. Jangan buang waktu untuk berada dalam keadaan berkabung, jika Anda tidak bisa menyelesaikan emosi dan rasa kecewa Anda sendirian ikutlah konseling, minta dokter memberikan rekomendasi seorang konselor.
  5. Jangan dulu berhubungan seks sebelum 6 bulan pasca keguguran untuk menghindari pendarahan di rahim. Tunggulah hingga pendarahan telah berhenti dan leher rahim telah menutup.
  6. Segera melakukan diet sehat dan seimbang dimana Anda mulai mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan bergizi.
  7. Menghentikan kebiasaan merokok dan segera melakukan aktifitas olahraga ringan untuk segera memulihkan kesehatan Anda.
  8. Rajin-rajin mencari informasi seputar perawatan setelah keguguran untuk memotivasi diri Anda dan carilah dokter untuk memonitor perkembangan kesehatan Anda.

Tidak perlu mengkhawatirkan apapun, tenang saja Anda pasti akan segera memiliki bayi kembali. Di India, seorang wanita yang pernah mengalami 17 kali keguguran pun tetap percaya diri dan akhirnya bisa menimang bayi yang lucu. Siapa yang bisa membayangkan keguguran hingga 17 kali, namun sang ibu ini tetap berusaha dan berdoa dengan penuh percaya diri hingga akhirnya memiliki bayi setelah itu.