Top Rekomendasi Makanan Hamil Muda

Apakah ada rekomendasi makanan hamil muda dan apakah ada makanan yang sebaiknya dihindari oleh yang sedang hamil muda? Ada! Ada makanan yang berfungsi untuk mendampingi perkembangan janin dan menyehatkan bagi kehamilan namun ada juga yang bisa menjadi racun atau menghambat perkembangan janin yang dikandungnya.

Wanita hamil muda harus benar-benar selektif dalam memilih makanan untuk menjaga keseimbangan kandungannya. Wanita hamil harus memahami setiap asupan makanan yang mengandung nutrisi dan tidak sembarangan makan makanan yang dapat membahayakan janin dan dirinya. Wanita hamil harus semakin peduli dengan kesehatan dirinya dan janin yang dikandungnya agar bisa melewati proses kehamilan dengan baik dan sehat.

Berikut adalah Top rekomendasi makanan hamil muda untuk Anda:

  1. Kacang-kacangan karena bisa menjadi sumber sehat berbagai hal yang diperlukan tubuh seperti serat, protein, zat besi, folate, kalsium, dan juga zinc sehingga sangat cocok untuk ibu yang sedang hamil. Selain itu kacang-kacangan juga memiliki sumber mineral yang diperlukan untuk tumbuh kembang janin di trimester pertama.
  2. Daging sebagai supply sumber protein hewani, vitamin B12, B6, dan niacin. Kandungan colin pada daging akan membantu perkembangan otak dan fungsi kognitif janin.
  3. Berbagai jenis ikan dapat memberikan nutrisi yang membantu perkembangan merangkai jaringan otak bayi dengan baik dan setelah lahir dan tumbuh dapat menjadi bayi yang cerdas.
  4. Brokoli karena mengandung folate, serat, kalsium, lutein, zeaxanthin, serta karotenoid yang sangat baik untuk membentuk penglihatan bayi, membantu tekanan darah Anda dalam kondisi normal.
  5. Berries. Kandungan vitamin C, potassium, folate, serat, dan juga antioksidan yang tinggi bermanfaat sekali untuk menjaga sel tubuh si ibu dan calon buah hati dari kerusakan.

Namun makanan yang direkomendasikanpun bisa jadi berbahaya jika pengolahannya salah. Beberapa kesalahan dalam pengolahannya adalah sebagai berikut:

  • Daging yang kurang matang
  • Sayuran dan buah yang tidak dicuci bersih
  • Sayuran yang layu atau tidak segar
  • Ikan yang tidak bersih ketika dicuci
  • Ikan yang tidak/kurang segar