Tips Persiapan Melahirkan Secara Normal

Saat ini banyak calon ibu muda yang menghindari proses melahirkan secara normal karena takut akan rasa sakitnya. Di lain pihak, beberapa calon ibu tetap memilih proses melahirkan secara normal karena alasan biaya yang lebih murah, dan juga ada kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri saat berhasil melahirkan secara normal. Berikut ini beberapa tips persiapan melahirkan secara normal.

Persiapan melahirkan secara normal tidak hanya dilakukan saat mendekati atau tepat saat HPL, tapi jauh hari sebelum HPL. Bukan hanya fisik saja yang harus dipersiapkan tetapi juga mental calon ibu. Untuk persiapan fisik, calon ibu harus rajin berkonsultasi pada dokter dan menanyakan persiapan dan langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh calon ibu. Senam hamil juga bisa dilakukan untuk kelak mempermudah proses melahirkan. Jalan kaki di pagi hari juga terbukti sangat membantu ibu dalam proses melahirkan secara normal.

Makanan yang dikonsumsi calon ibu juga harus diperhatikan. Sebaiknya calon ibu tidak mengkonsumsi makanan yang bersifat panas seperti durian atau tape agar tidak mengganggu perkembangan janin. Calon ibu dianjurkan mengkonsumsi minyak kelapa alami 1 sdm saat mendekati HPL. Minyak kelapa membuat bayi lebih bersih, mudah dilahirkan dan meningkatkan produksi ASI.

Membangun komunikasi dengan bayi merupakan salah satu persiapan untuk melahirkan secara normal. Bayi dalam kandungan dapat mendengarkan sehingga komunikasi yang dijalin antara calon ibu dan bayinya dapat membantu proses saat bayi dilahirkan secara normal. Komunikasi yang baik dapat membuat bayi merasa lebih santai dan nyaman, sebab suara Ibu bagi bayi merupakan suara yang paling dia kenal.

Saat di rumah sakit, ada beberapa persiapan melahirkan secara normal yang calon ibu bisa lakukan. Saat di rumah sakit, meskipun calon ibu merasa mulas, ia tetap harus makan dan minum yang cukup agar memiliki tenaga saat proses melahirkan. Jalan lambat bisa merangsang bayi menuruni rahim sehingga lebih mudah saat dilahirkan. Selalu dengarkan instruksi dokter dan tenangkan pikiran agar calon ibu merasa rileks. Jangan lupa untuk belajar mengatur pernafasan, senam hamil yang sudah dipelajari akan sangat membantu.

Di luar itu semua, persiapan melahirkan secara normal yang paling penting adalah doa. Baik calon ibu maupun keluarga harus banyak berdoa agar segala proses dilancarkan dan hasilnya pun membawa berkah.