Tips Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil

Seorang ibu hamil dituntut untuk menjaga kesehatannya, menjaga makanan yang dikonsumsinya agar tidak terjadi hal yang buruk dengan bayinya. Tidak terkecuali untuk obat-obatan, seorang ibu hamil harus membatasi penggunaan obat, karena bagaimanapun obat-obatan terbuat dari bahan kimia yang dapat berdampak buruk untuk bayi yang ada dalam kandungan. Oleh karena itu bagi ibu hamil penting untuk semaksimal mungkin menghindari konsumsi obat untuk penyakit apapun, tidak terkecuali penyakit diare.

Penyakit diare terjadi karena usus tidak mampu menyerap air yang terkandung dalam kotoran. Ketidakmampuan ini bisa disebabkan oleh bakteri, keracunan makanan, atau alergi makanan. Selain penyebab umum, ada beberapa penyebab diare yang muncul karena kondisi kehamilan seperti stress, maupun perubahan ukuran rahim. Penyakit ini harus ditangani dengan segera, karena bisa berujung pada dehidrasi atau kekurangan cairan. Dengan berkurangnya cairan maka fungsi organ tubuh akan terganggu, sehingga dapat mengancam perkembangan janin. Selain kekurangan cairan, diare juga menyebabkan hilangnya ion K (Kalium), sehingga mengganggu kerja organ tubuh seperti kontraksi dan relaksasi otot. Melihat akibat yang ditimbulkannya maka perlu suatu langkah untuk mengatasi diare namun tetapi aman bagi kandungan.

Beberapa Tips Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil

  1. Minum Oralit
    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan minum oralit sebanyak mungkin. Langkah ini bertujuan menggantikan cairan yang hilang dengan segera, dan terhindar dari kemungkinan dehidrasi.
  2. Membatasi makanan dan minuman
    Langkah selanjutnya adalah dengan menghentikan konsumsi makanan yang bisa menjadi penyebab diare, ataupun memicu diare untuk sementara waktu. Seperti produk susu, makanan pedas, atau makanan asam.
  3. Konsumsi yang dibutuhkan
    Perbanyak minum air putih yang dicampur dengan madu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B, dan hentikan sementara konsumsi vitamin D.
  4. Konsultasikan dengan dokter
    Konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai obat apa sajakah yang aman dikonsumsi apabila menghadapi penyakit diare, dan tips ini juga berlaku untuk penyakit lainnya.

Pencegahan Penyakit Diare Dada Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar ibu hamil terhindar dari diare:

  • Konsumsi pencahar hanya jika dibutuhkan
  • Kendalikan emosi saat masa kehamilan
  • Hindari konsumsi makanan yang tidak pernah anda konsumsi untuk menghindari alergi makanan
  • Selalu menjaga hidup sehat dan bersih.

Demikianlah beberapa tips mengatasi diare pada ibu hamil, semoga berguna.