Tips Ibu Hamil Anak Pertama

Menjadi ibu hamil tentu sangat membahagiakan tetapi untuk Anda yang belum berpengalaman, kondisi hamil anak pertama bisa menjadi siksaan tersendiri karena Anda baru merasakan berbagai gangguan yang biasanya tidak pernah Anda alami sebelumnya. Dan, akhirnya kehamilan pun terasa menjadi bencana.

Kondisi ini tentu saja harus segera Anda cari solusinya agar kebahagiaan menyambut anak pertama tidak terganggu karenanya. Mungkin saja, hal pertama yang Anda lakukan adalah bertanya kepada mereka yang berpengalaman seperti misalnya ibu atau mertua.

Beberapa tips agar hamil anak pertama Anda berjalan lancar adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan check up secara rutin ke dokter.
    Semua yang Anda rasakan selama masa kehamilan harus Anda konsultasikan kepada dokter agar dapat ditinjau sejak dini dan dilakukan tindakan tertentu jika memang diperlukan.
  2. Mulailah untuk lebih memperhatikan apapun yang Anda makan. Semakin baik asupan gizi yang tubuh Anda dapatkan semakin baik bagi kehamilan Anda. Konsultasi kepada ahli gizi atau dokter kandungan mengenai makanan yang akan Anda konsumsi pun sangat membantu untuk mengetahui lebih jelas makanan apa yang penting untuk kehamilan Anda.
  3. Hamil bukan berarti menghentikan aktifitas melainkan mengurangi aktifitas berat agar kehamilan tidak berisiko. Tambahan olahraga ringan bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk mencegah penambahan berat badan diluar dari yang seharusnya. Konsultasikan juga dengan dokter, aktifitas apa yang bisa Anda lakukan untuk membuat fisik lebih sehat, demikian juga dengan janin dalam kandungan Anda.
  4. Hindari merokok sejak awal jika Anda sudah dinyatakan hamil.
    Merokok bisa mempengaruhi perkembangan bayi seperti misalnya rendahnya berat bayi ketika lahir. Merokok juga bisa mengakibatkan keguguran.
  5. Hindari minuman beralkohol.
    Alkohol sangat berbahaya bagi janin yang Anda kandung.
  6. Terus menambah pengetahuan Anda tentang kehamilan akan sangat membantu Anda untuk mengatasi berbagai kecemasan yang terjadi karena ketidaktahuan Anda mengenai proses hamil anak pertama.
  7. Bersikap lebih rileks akan membantu Anda untuk tetap percaya diri dan terhindar dari gelisah akibat perubahan hormon dalam tubuh Anda.