Tips dan Cara Mengecilkan Perut Setelah Operasi Caesar

Hamil dan melahirkan merupakan impian bagi hampir sebagian besar wanita di dunia. Bagi para calon ibu, menjalani proses persalinan lewat cara normal adalah suatu anugerah tersendiri dimana mereka dapat langsung merasakan bagaimana sulitnya melewati masa-masa kritis ketika sang buah hati terlahir ke dunia. Namun ada pula sebagian wanita lainnya yang menjalani proses melahirkan lewat jalur operasi Caesar (operasi sesar). Hal ini biasanya terjadi akibat adanya beberapa faktor yang memaksa pihak medis untuk melakukan operasi pembedahan. Pada umumnya usai melahirkan, akan terjadi suatu kondisi dimana berat badan mengalami peningkatan. Sebenarnya hal ini merupakan sesuatu yang lumrah dan wajar, namun kebanyakan para wanita (terutama yang baru saja melahirkan anak pertamanya) merasa tidak sabar untuk segera mengembalikan proporsi bentuk tubuhnya seperti sedia kala. Prioritasnya adalah bagian perut, pinggang, pundak, serta betis yang rawan penimbunan lemak. seperti sebelum melahirkan. Bagi mereka yang melahirkan secara normal mungkin tidak mempermasalahkan tentang tata cara mengembalikan bentuk tubuh seperti sedia kala. Namun hal ini sangat krusial bagi para ibu-ibu yang baru saja melewati masa operasi Caesar. Sebab dibutuhkan perhatian khusus setelah menjalani proses operasi yang tentunya akan berdampak kondisi, baik fisik maupun mental yang bersangkutan.

Berikut adalah beberapa cara mengecilkan perut setelah operasi Caesar yang bisa Anda terapkan di rumah :

  • Program menyusui. Cara ini merupakan cara yang dianggap paling efektif dalam menurunkan berat badan, termasuk mengurangi rasio ukuran perut yang membuncit. Selain memberi asupan gizi pada sang buah hati, menyusui juga mampu mengurangi jumlah kalori yang cukup besar setiap harinya.
  • Perbanyak mengkonsumsi air putih. Sekali lagi air putih memegang peranan yang sangat besar dalam kehidupan. Dengan minum air sekurang-kurangnya 2 liter perhari akan memperbaiki sistem pencernaan serta mampu menekan rasa lapar yang menyerang setiap saat. Cara ini bisa dibilang merupakan cara mengecilkan perut setelah operasi Caesar yang paling ringan dan mudah dilakukan.
  • Beraktifitaslah. Melakukan olahraga yang ringan seperti jalan cepat akan membakar cukup banyak kalori sekaligus memperlancar peredaran darah sehingga mengantisipasi terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh.
  • Melakukan senam ringan. Hal ini berguna sebagai bentuk melatih otot perut. Bisa dilakukan dengan cara duduk, berbaring ataupun berdiri. Melakukan tarikan pada area perut untuk memberikan kontraksi pada ototnya sambil ditahan beberapa saat. Usahakan agar punggung tetap berada dalam posisi tegak.
  • Cara mengecilkan perut setelah operasi Caesar yang terakhir adalah makan secara teratur dan mengurangi kebiasaan ngemil. Apabila timbul hasrat untuk melakukannya, pastikan Anda mengkonsumsi camilan yang sehat bergizi seperti buah-buahan misalnya.