Tanda Awal Kehamilan Minggu Pertama

Banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil, hal ini umumnya terjadi pada kehamilan trimester pertama atau tiga bulan pertama masa kehamilan. Hal ini bisa terjadi karena mereka tidak begitu mengenali tanda apa saja yang menunjukan seorang wanita sedang hamil.

Pentingnya Mengetahui Tanda Kehamilan Trimester Pertama

Tak jarang seorang wanita baru menyadari akan kehamilannya setelah lebih dari tiga bulan usia kehamilan. Padahal pengetahuan ini sangatlah penting, tidak hanya untuk sang ibu tapi juga untuk calon bayinya. Karena lebih cepat seorang wanita menyadari kehamilannya semakin baik pula dampaknya untuk janin yang dikandungnya.

Jika memang benar positif hamil, maka calon ibu akan lebih berhati-hati menjaga diri dan perilaku agar tidak membahayakan keselamatan janin, karena perlu di ketahui bahwa janin pada masa-masa awal kehamilan sangat rentan mengalami keguguran karena janin belum melekat kuat pada Rahim. Kesehatan dan pertumbuhan janin yang sehat dan normal juga di tentukan pada masa-masa awal kehamilan, oleh karenanya penting untuk calon ibu agar memperhatikan asupan gizi yang di perlukan untuk pertumbuhan janin seperti vitamin, kalsium, zat besi, asam folat dll.

Kenali beberapa Tanda Kehamilan Minggu Pertama

Oleh karenanya sangat penting untuk mengetahui apa saja tanda-tanda awal kehamilan bagi seorang wanita.

Tanda-tanda awal kehamilan:

- Terlambat menstruasi
Saat anda mulai menyadari anda terlambat menstruasi, khususnya bagi anda yang sudah menikah atau pernah melakukan hubungan suami istri, sebaiknya anda segera melakukan tes kehamilan.

- Perubahan bentuk payudara
Tanda awal kehamilan biasanya di ikuti oleh perubahan pada bentuk payudara, payudara akan nampak membesar, tegang dan nyeri, warna daerah sekitar puting agak menghitam.

- Rasa mual atau tidak enak di sekitar perut (morning sickness)
Rasa mual ini biasanya sebagai reaksi tubuh yang mengartikan janin yang baru tumbuh sebagai benda asing di dalam tubuh, gejala ini biasanya di sebut morning sickness walaupun kejadiannya tidak selalu pada pagi hari.

- Merasa lelah lebih dari biasanya
Rasa lelah yang tidak biasanya ini adalah akibat dari perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

- Frekuensi buang air kecil lebih sering
Ini disebabkan embrio yang mulai tumbuh di dalam rahim menekan kandungan kemih, hingga timbul keinginan buang air kecil yang lebih sering.

- Adanya flek atau bercak darah
Munculnya flek atau bercak darah ini disebabkan embrio yang melekat pada rahim yang biasanya di sertai rasa sakit berlebihan pada perut/kram.

Masih banyak lagi tanda-tanda awal kehamilan yang bisa anda ketahui dan pelajari.

Mengingat pentingnya menjaga perkembangan janin dari masa awal pertumbuhannya, maka sudah seharusnya seorang calon ibu membekali dirinya dengan mengenali tanda kehamilan trimester pertama.