Susu yang Baik untuk Ibu Hamil

Sebenarnya ibu hamil itu wajib minum susu tapi tidak harus minum susu khusus ibu hamil. Hanya saja susu khusus ibu hamil, komposisi yang terkandung didalamnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil dan si janin. Jadi, jika ada yang masih bertanya susu yang baik untuk ibu hamil itu apa, ya jawabnya adalah apa aja baik.

 

Susu yang baik untuk ibu hamil muda

Kebanyakan para ibu hamil muda mengalami mual yang berlebihan pada awal kehamilan. Bahkan ada juga yang hanya mencium aroma susu langsung muntah-muntah. Padahal kita tau kalau seorang ibu hamil itu wajib minum susu agar nutrisi tubuh dan janin selalu terpenuhi. Agar merasa pentingnya minum susu disaat hamil, berikut nutrisi penting yang terkandung dalam susu.

1. Protein

Selain air, tubuh membutuhkan protein dalam jumlah yang besar. Dan para ahli gizi mengatakan, setiap satu kilogram tubuh maka tubuh membutuhkan 1 gram protein. Jadi, agar tubuh janin berkembang secara maksimal, pastikan protein untuk tubuh tercukupi.

2. Kalsium

Untuk pertumbuhan tulang dan gigi, janin membutuhkan asupan kalsium dari si ibu. Jadi hindari osteoporosis dengan rajin minum susu agar kalsium tercukupi untuk perkembangan tulang dan gigi si janin serta untuk tubuh si ibu hamil itu sendiri.

3. Zat Besi

Zat besi ini penting untuk menghidari kekurangan darah si ibu hamil tapi zat besi ini juga sangat penting untuk perkembangan otak si janin. Jadi, jika ingin anak tumbuh dengan cerdas, jangan malas minum susu.

4. Vitamin A & D

Vitamin A untuk membentuk pertahanan tubuh dari infeksi dan vitamin D berperan untuk penyerapan kalsium dalam darah. Tapi kedua vitamin ini sangat penting untuk tulang dan jaringan sel janin.

5. Asam folat dan Omega3

Asam folat ini untuk mengurangi resiko bayi dari kelainan tubuh atau cacat. Sedangkan asam lemak Omega3 untuk perkembangan sistem syaraf janin. Bahkan jika ibu hamil rajin mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung omega3 selama kehamilan maka janin bisa menjadi bayi yang cerdas.

 

Merk Susu yang baik untuk ibu hamil

Semua susu khusus ibu hamil itu bagus. Jadi jangan terpancing karena iklan. Tapi jika merasa mual saat minum susu, sebaiknya cari rasa dan aroma susu yang tidak membuat mual. Dan kebanyakan para ibu hamil lebih memilih rasa coklat. Akan tetapi, sekarang banyak susu yang baik untuk ibu hamil dengan aneka rasa seperti rasa buah-buahan.

Jadi, pastikan setiap hari minum susu. Dan pilihlah susu yang baik untuk ibu hamil dengan memperhatikan komposisi didalamnya.