Solusi Mengatasi Mual di Awal Kehamilan

Mual dan muntah di pagi hari bagi calon ibu di awal kehamilan sudah umum terjadi, biasanya kondisi ini terjadi di trisemester pertama yaitu pada 3 bulan pertama kehamilan. Sesudah bulan itu mual dan muntah otomatis hilang, walau ada juga yang masih mengalaminya di trisemester kedua tetapi hanya sedikit wanita hamil.

Mual dan muntah setiap ibu hamil pun berbeda-beda, ada yang tidak terlalu terasa ada juga yang over sehingga memerlukan pengobatan lebih lanjut. Rasa mual disebabkan oleh perubahan kadar hormonal dalam tubuh wanita akibat proses kehamilan.

Mengatasi mual di awal kehamilan ada beberapa solusi baik secara modern ataupun tradisional. Secara modern, ibu hamil biasanya diberikan obat penghilang rasa mual, secara tradisional ada yang cukup menggunakan camilan buah yang asam untuk bisa meredakannya.

Beberapa solusi mengatasi mual di awal kehamilan akan dikupas berikut ini:

  1. Terus makan walau dalam keadaan mual, hanya dikurangi jumlah takaran dan memperbanyak frekuensinya.
  2. Mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat dan protein yang bisa membantu mengatasi rasa mual seperti buah-buahan, sayur, kentang, dan biskuit.
  3. Ketika bangun tidur, jangan langsung membangunkan tubuh secara tiba-tiba. Rebahan dan rileks dulu di kasur, duduk, kemudian baru perlahan-lahan berdiri.
  4. Jika bangun tidur sering merasa mual, simpan makanan kecil di dekat tempat tidur Anda kemudian baru berdiri setelah memakannya.
  5. Hindari makanan yang berminyak, berlemak, dan pedas.
  6. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.
  7. Perbanyak minum air putih minimal 2 liter sehari.
  8. Bila Anda terus merasa mual, konsultasi ke dokter.
  9. Jika ingin mencoba pengobatan tradisional bisa dengan menyeduh secangkir air dengan jahe dan meminumnya di pagi hari. Kalau tidak berbentuk minuman, Anda bisa membeli permen jahe dan menyimpannya di tas Anda, sewaktu-waktu terasa mual bisa langsung mengunyahnya.
  10. Cukupkan istirahat bagi tubuh Anda, relax sambil mendengarkan musik, membaca buku atau majalah kesayangan.
  11. Nikmati kehamilan dengan penuh rasa syukur dan bahagia, semakin Anda menikmatinya semakin mampu mengatasi rasa mual di awal kehamilan.