Serunya Persiapan Kehamilan Pertama

Bagaimana perasaan Anda ketika dinyatakan hamil? Bahagia bukan? Bahkan kebahagiaan itu tidak bisa ditukar oleh apapun juga. Bahagia yang tidak terbatas. Namun, Anda juga harus mulai mempersiapkan diri untuk melalui proses kehamilan Anda dengan baik, siapkan mental dan fisik untuk menyambutnya.

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk persiapan kehamilan pertama. Anda bisa mempersiapkannya sejak dini.

Persiapan mental:

  1. Adanya gangguan fisik selama proses kehamilan harus membuat Anda lebih legowo dan tetap bersyukur agar kebahagiaan Anda tidak menjadi duka.
  2. Siapkan stok kesabaran yang tinggi untuk setiap emosi yang sensitif dan persoalan yang kadang terpercik dari hal kecil.
  3. Mintalah dukungan suami untuk mendampingi dan mengingatkan Anda jika Anda terlalu emosional atau mungkin cengeng. Peran suami amat penting dalam membangun mental positif Anda selama hamil.
  4. Tersenyum dan ceria dalam menghadapi berbagai persoalan dan gangguan yang terjadi selama proses kehamilan.
  5. Mintalah dukungan sahabat, terlebih yang sudah terlebih dahulu hamil atau memiliki pengalaman hamil untuk membantu Anda meredakan emosi yang bisa tiba-tiba tersulut.

Persiapan fisik:

  1. Mulailah berolahraga ringan untuk menyegarkan sekaligus menyehatkan tubuh.
  2. Mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat, rendah lemak, dan bergizi tinggi untuk mendukung perkembangan janin.
  3. Mulailah mengurangi aktifitas berat yang menguras energi.
  4. Mulailah untuk meminum susu ibu hamil untuk mempersiapkan kecerdasan dan gizi si janin yang dikandung.
  5. Hindari beberapa makanan yang sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil seperti daging setengah matang, makanan tinggi lemak, makanan pedas, dan beberapa makanan lainnya.
  6. Jika Anda memiliki riwayat penyakit yang cukup parah sebaiknya segera minta pengawasan dari dokter selama proses kehamilan.

Penuhi beberapa asupan gizi yang harus Anda konsumsi setiap hari mencakup vitamin B, asam folat, vitamin C, zat besi, zat seng, dan air. Sebaliknya beberapa makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung merkuri, junk food, makanan dengan bahan pengawet, makanan kalengan, minuman berkafein, makanan minuman mengandung alkohol, serta kegiatan merokok.