Proses Kehamilan Usia 7 Bulan Yang Menakjubkan

Ketika usia kehamilan 7 bulan, semakin tidak sabarlah sang ibu dengan proses kelahiran sang buah hati, selain juga pada usia itu harapan hidup sang janin sangat tinggi, berbeda dengan usia awal kehamilan yang rawan keguguran.

Pada usia ini, janin sudah berbentuk sempurna walaupun berat tubuh serta organ tubuhnya belum sempurna untuk dilahirkan. Maka, tak heran jika sang bayi lahir pada usia ini, maka bayi memerlukan perawatan ekstra karena dinamakan bayi prematur yaitu bayi yang lahir sebelum waktunya.

Pada bulan ketujuh, janin sudah masuk dalam posisi kurang nyaman dalam rahim karena ukuran tubuh yang besar sehingga ukuran rahim menjadi sempit. Janin akan merasa terbatas secara ruang, sehingga terus bergerak mencari posisi yang nyaman.
Pada usia kehamilan 7 bulan, penglihatan janin sudah cukup sempurna sehingga dia bisa melihat walau yang dia lihat hanya uterus yang terang ataupun gelap. Keadaan terang gelap di uterus inilah yang membuatnya bisa membedakan siang dan malam.

Selain penglihatan, pendengaran si bayi pun sudah beranjak sempurna, dia sudah bisa mendengar suara yang berada di luar kandungan sang ibu walau suara yang didengar masih menyerupai dengungan, lambat laun, telinganya mulai mendengar suara ayah ibu hingga suara musik yang lembut, bahkan telinganyapun sudah mampu mendengar suara hewan.

Pendengaran yang sempurna dilengkapi juga dengan indera perasanya yang juga mulai sempurna, maka si bayi sudah merasakan apa yang ibunya rasakan. Tak heran, jika si ibu dalam keadaan stress, si bayi akan ikut stress. Pentingnya kesehatan psikis ibu karena memang berdampak pada kesehatan psikis bayi.Pada usia ini, paru-paru si bayi sudah terlatih untuk bernafas dan ototnya mulai menguat seiring dengan gerakan yang dilakukannya. Tidak hanya itu, tulang janin terbentuk sempurna dan energinya meningkat seiring dengan lemak yang dimilikinya.

Si janin sudah mulai bermetamorfosa menjadi bayi yang sempurna pada usia kehamilan 7 bulan dan bersiap untuk lahir beberapa saat kemudian. Sangat mengagumkan, bukan?