Pilihan Ikan Terbaik Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang banyak mengkonsumsi ikan memiliki kemungkinan lebih besar memiliki anak cerdas, hal ini sudah diyakini oleh banyak orang. Bahkan kecerdasan orang Jepang diyakini karena mereka semua berasal dari ibu-ibu yang ketika hamil sangat menyukai makan ikan.
Di Eropa sebuah penelitian menyatakan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi ikan tuna, ikan sarden, dan ikan salmon akan melahirkan bayi-bayi yang secara IQ cerdas serta memiliki kemampuan yang bagus dalam berbagai tes keterampilan.

Ibu-ibu yang ketika hamil suka makan ikan, ketika anaknya lahir akan menjadi anak yang cerdas karena ikan mengandung Omega-3 yang membantu perkembangan otak dan mata janin. Omega-3 juga mengandung DHA yang merupakan komponen utama sel otak dan membran.

Namun, jangan juga berlebihan karena terlalu banyak makan ikan bisa buruk juga bagi perkembangan bayi, yang harus dilakukan adalah memilih ikan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Berikut disampaikan pilihan ikan terbaik bagi ibu hamil:

  1. Ikan Tongkol
  2. Ikan Tuna
  3. Ikan Lemuru
  4. Ikan Cakalang
  5. Ikan Cod
  6. Ikan Salmon
  7. Ikan Sardines

Sedangkan beberapa jenis ikan yang harus dihindari adalah:

  1. Ikan Kakap
  2. Ikan Todak
  3. Ikan Tilefish

Ketiga ikan itu mengandung merkuri yang membahayakan kehamilan. Disarankan memilih pilihan ikan terbaik bagi ibu hamil adalah ikan dengan rendah kadar merkurinya, karena jika kadar merkuri terlalu tinggi bisa membahayakan perkembangan otak bayi itu sendiri.

Sebaiknya pilihan ikan terbaik bagi ibu hamil ini dikonsumsi setidaknya 12 sampai 14 ons per minggu. Membatasi atau kurangnya asupan ikan yang masuk ke dalam tubuh saat hamil bisa merugikan perkembangan otak janin.

Hal lain yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi ikan adalah memasak ikan tersebut hingga benar-benar matang, sebab ikan yang setengah matang atau mentah pun berbahaya bagi ibu hamil. Selain itu usahakan mengkonsumsi beberapa jenis ikan secara bergantian dan semakin cermat memilih ikan apa yang akan dikonsumsi.