Pertumbuhan Janin Trimester Pertama

Pertumbuhan janin trimester pertama di minggu pertama nyaris tanpa disadari karena tanpa keluhan apapun. Pada minggu ke-2, janin dalam perut sudah mulai tumbuh memiliki panjang sekitar 0,36 – 1 milimeter dan mulai membentuk rongga ketuban untuk tempat cairan janin.

Menginjak minggu ke-3 pertumbuhan janin trimester pertama, panjang embrio menjadi 1,25 milimeter. Pada saat ini sistem syaraf dan otot serta tulang mulai terbentuk. Minggu ke-4, panjang embrio menjadi 2-4 milimeter dan janin sudah memiliki dasar dari otak dan tulang belakang.

Menuju minggu ke-5, embrio memiliki panjang 4-5 milimeter hingga 1,1 – 3 cm. Di minggu ini calon kaki dan tangan mulai muncul demikian juga dengan lubang mata walau kepala masih terlihat besar. Minggu ke-6, embrio berukuran 1,4 – 2 cm, pada saat ini janin sudah memiliki kelopak mata serta sel syaraf retina, batang bakal hidung mulai tampak, serta telinga pun mulai terbentuk. Tidak hanya itu siku, lengan dan kakinya mulai terbentuk serta penghubung antara kerongkongan dan paru-paru mulai tersambung.

Di minggu ke-7, embrio memiliki panjang sekira 2 ruas jari kelingking, janin sudah membentuk manusia. Namun, kepala masih lebih besar daripada tubuhnya. Minggu ke-8, panjang embrio mencapai 3,1 – 4,2 cm dengan berat sekira 5 gram.

Di minggu ke-9, janin dengan panjang antara 4,4 – 6 cm semakin terbentuk sempurna, alat genitalnya terbentuk dan disempurnakan di 3 minggu sesudahnya. Di minggu ke-10, panjang janin mencapai 6,1 cm dengan berat sekitar 8-14 gram. Hidung, telinga, mata, mulut sudah terlihat, detak jantung sudah bisa didengar, kerangka bayi telah membentuk tulang belulang, tumbuh rambut halus, hingga otak yang mulai memberi sinyal.

Minggu ke-11, panjang janin sekitar 6,5 – 7,8 cm, wajah janin mulai menyerupai manusia dan sudah bisa dibedakan jenis kelaminnya. Minggu ke-12, panjang janin sekira 8 – 9,3 cm dengan berat sekitar 25 gram, bentuk janin sudah semakin mirip manusia. Perkembangan janin trimester pertama ini akan diikuti perkembangan pada trimester berikutnya yang akan dipengaruhi pola makan sehat sang ibu dan sikap positif dalam menjalani kehamilan.