Pertumbuhan Janin Trimester Ketiga

Pertumbuhan janin trimester ketiga semakin bisa ditaksir perkembangannya.

Minggu ke-28, gerakan sang janin akan semakin kuat dan semakin sering, dan denyut jantung juga akan semakin terdengar. Dengan berat 1100 gram dan panjang 35-38 cm, janin masih terlihat kurus. Jumlah jaringan otak di periode ini meningkat, demikian juga dengan rambut yang semakin panjang, begitu juga dengan alis serta kelopak mata yang terbentuk sempurna.

Minggu ke-29, dengan berat 1250 gram dan panjang 37 cm jika dilahirkan maka si bayi belum mampu tumbuh dan bernafas dengan baik, karena perkembangan paru-paru yang belum sempurna.

Minggu ke-30, berat bayi mencapai 1400 gram dengan panjang 38 cm. Pada periode ini sang ibu mulai merasa tidak nyaman terutama di daerah panggul dan perut. Namun, tendangan si kecil yang mulai terasa membuat rasa sakit ibu terlupakan.

Minggu ke-31, bobot bayi mencapai 1600 gram dengan panjang 40 cm. Jika sang ibu merasa nyeri di bagian tulang iga sebelah kanan, sakit kepala, maupun sering berkunang-kunang maka harus segera menambah dosis istirahat dan mengurangi aktifitas.

Pertumbuhan janin trimester ketiga di minggu ke-32, berat bayi antara 1800-2000 gram dengan panjang tubuh 42 cm. Pada periode ini diharapkan semakin intensif melakukan kunjungan ke dokter agar perkembangan buah hati tetap terjaga, terencana, dan tumbuh dengan baik.

Minggu ke-33, bobot bayi mencapai 2000 gram dengan panjang sekitar 43 cm. Pada periode ini harus mewaspadai lepasnya plasenta dari dinding rahim yang bisa berakibat syok pada ibu akibat jumlah darah yang hilang atau kematian pada bayi.

Minggu ke-34, bobot bayi mencapai 2275 gram dengan panjang sekitar 44 cm. Pada periode ini diharapkan sang ibu melakukan tes untuk mengecek kesehatan bayi dengan menggunakan USG.

Minggu ke-35, fisik bayi berukuran 45 cm dengan bobot 2450 gram. Pada periode ini fungsi paru-paru bayi sudah matang.

Minggu ke-36, berat bayi mencapai 2500 gram dengan panjang 46 cm. Pada periode ini pemeriksaan rutin menjadi seminggu sekali untuk memperkecil resiko yang muncul pada kehamilan seperti misalnya kematian ibu melahirkan.

Minggu ke-37, panjang bayi 47 cm dan berat 2950 gram. Pada periode ini bayi bisa dikatakan siap lahir karena organ tubuhnya sudah matang dan bisa bekerja sendiri.

Minggu ke-38, berat bayi sekitar 3100 gram dengan panjang 48 cm. Pada periode ini rasa cemas sang ibu meningkat karena proses kelahiran semakin dekat.

Minggu ke-39, berat bayi mencapai 3250 gram dengan panjang sekitar 49 cm. Pada minggu ini, ibu hamil sudah mulai didampingi dokter karena sewaktu-waktu bisa melahirkan.

Minggu ke-40, panjang bayi mencapai 45-55 cm dengan berat sekitar 3300 gram dan sudah siap dilahirkan. Pertumbuhan janin trimester ketiga ini ditutup dengan kelahiran sang buah hati.