Penyebab Keputihan pada Wanita Hamil

Masa kehamilan merupakan masa yang diidamkan oleh setiap wanita yang ada di dunia. Pasti seorang calon ibu akan menunggu masa ini dengan perasaan senang. Selain rasa senang juga terkadang timbul rasa was-was karena ada saja berbagai hal yang terjadi di luar pengetahuan kita. Salah satunya adalah masalah keputihan. Sebagai seorang calon ibu yang sedang dalam masa hamil pasti ingin tahu penyebab keputihan pada wanita hamil dan seberapa berbahayakah hal tersebut.

Penyakit keputihan yang sering terjadi pada wanita hamil memang sering disepelekan dan dianggap enteng oleh sebagian wanita pada umumnya. Padahal masalah keputihan ini bukanlah masalah yang bisa dianggap enteng karena mampu menyebabkan berbagai implikasi yang cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan serius.

Apalagi jika masalah keputihan terjadi pada seorang calon ibu yang sedang hamil. Hal ini tidak bisa dianggap enteng dan remeh karena mampu menyebabkan adanya gangguan pada si kecil yang masih ada di dalam kandungan. Sebagai seorang calon ibu yang baik maka ada baiknya untuk mengetahui penyebab keputihan pada wanita hamil.

Dengan mengetahui penyebabnya maka kita bisa menjaga untuk terhindar dari bahaya keputihan yang bisa mengancam keselamatan ibu dan bayi. Bukankah pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan dan mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan keputihan pada seorang ibu hamil.

  1. Faktor Kebersihan
    Faktor kebersihan merupakan hal yang paling utama yang harus dilakukan oleh seorang wanita untuk terhindar dari bahaya keputihan. Jaga selalu organ kewanitaan anda baik dari pembalut ataupun pakaian dalam sehingga terbebas dari yang namanya keputihan.
  2. Obat-obatan
    Obat yang merupakan salah satu penyebab dari adanya keputihan pada organ intim wanita adalah pil kb. Pil kb dipercaya mampu menyebabkan seseorang mengalami keputihan karena biasanya seseorang yang meminum pil kb pasti akan diserang oleh jamur monilia atau candidas. Jamur ini merupakan penyebab terjadinya keputihan pada wanita.
  3. Stress
     Ibu hamil sangat mudah sekali untuk stress karena ketika ibu sedang hamil banyak sekali hormon yang diproduksi oleh tubuh. Oleh karena itu, hindari stress dengan lebih banyak santai.
  4. Virus dan bakteri

Demikianlah beberapa penyebab keputihan pada wanita hamil. Semoga kita bisa menghindari keputihan agar terhindar pula dari bahaya yang disebabkan oleh keputihan tersebut.