Pentingnya Senam Ibu Hamil

Ada banyak hal yang berubah ketika Anda sedang hamil. Mulai dari perubahan emosi hingga kesehatan fisik. Pada saat hamil, Anda bukan hanya hidup untuk diri Anda sendiri melainkan juga untuk bayi yang Anda kandung. Maka, ketika Anda sehat maka bayi yang Anda kandungpun akan tumbuh dengan sehat.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mendukung pertumbuhan bayi yang Anda kandung dengan sehat adalah dengan melakukan senam ibu hamil. Senam ini dibutuhkan untuk membuat tubuh Anda tetap segar dan sehat hingga waktunya Anda melahirkan.

Adapun tujuan dari senam hamil adalah untuk menjaga otot dan persendian yang akan digunakan dalam persalinan, meningkatkan kesehatan fisik dan psikis ibu hamil, serta membangun percaya diri dan mental ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Tujuan lain secara fisik adalah menangkap berbagai keluhan yang dialami oleh ibu hamil dan mengatasinya dengan cara yang tepat.

Beberapa hal yang akan Anda dapatkan ketika melakukan senam ibu hamil:

  1. Latihan pernafasan. Pernafasan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi ibu hamil, apalagi menjelang melahirkan. Senam ibu hamil akan memandu Anda bagaimana melakukan pernafasan dengan benar.
  2. Latihan gerakan melahirkan. Sakit yang terasa ketika si bayi akan dilahirkan kerapkali membuat si ibu salah mengambil gerakan yang aman bagi proses kelahiran, senam ibu hamil akan membantu untuk melatih bagaimana ibu yang melahirkan seharusnya mengambil posisi terbaik agar proses melahirkan lebih cepat, tepat, dan aman.
  3. Aktifitas yang menyesuaikan dengan usia kehamilan. Ketika Anda melakukan senam ibu hamil, maka gerakan yang Anda lakukan akan menyesuaikan dengan banyaknya perubahan fisik pada organ genital seperti misalnya perut yang kian membesar. Aktifitas yang akan Anda jalankan paling aman akan diajarkan oleh instruktur senam.

Selain melakukan senam ibu hamil, Andapun tidak lupa harus melakukan pendampingan senam melalui hal-hal berikut:

  1. Makan makanan yang sehat dan bergizi.
  2. Istirahat yang cukup.
  3. Aktifitas senam ibu hamil yang tidak berlebihan.