Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1

Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1 adalah salah satu aspek penting yang harus anda pelajari apabila usia kandungan anda telah memasuki trimester pertama, atau tiga bulan pertama. Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1 dan pemeriksaan selama kehamilan merupakan hal penting yang harus anda lakukan, untuk memastikan bahwa anda dan bayi anda dalam keadaan sehat. Pemeriksaan kesehatan selama kehamilan juga penting, untuk mengetahui apabila ada masalah dengan kandungan anda. Sayangnya, masih banyak wanita hamil yang belum mengetahui pentingnya Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1, dan pemeriksaan kehamilan pada umumnya. Berikut ini informasi tentang pemeriksaan kehamilan, terutama Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1, bagi anda yang baru saja memasuki kehamilan trimester pertama.

Pertanyaan Penting Dalam Pemeriksaan Kehamilan Trisemester Pertama

Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1 dapat dilakukan dalam berbagai cara, dan pemeriksaan USG atau ultrasonografi adalah yang paling umum dilakukan. Namun sebenarnya, faktor penting dalam Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1 dan pemeriksaan kehamilan pada umumnya adalah waktu untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan anda. Dalam sesi konsultasi dengan dokter atau bidan, berikut ini adalah pertanyaan yang mungkin diajukan pada anda, terkait dengan sejarah kesehatan anda dan keluarga. Pertanyaan pertama yang diajukan dalam Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1 adalah penyakit yang pernah dan sedang anda derita; hal ini untuk memastikan bahwa kesehatan anda dan janin anda akan terjaga selama masa kehamilan. Dokter atau bidan anda juga akan bertanya apakah anda pernah mengalami operasi atau pengobatan jalan.

Pemeriksaan Secara Umum dan Tes Darah

Apabila anda pernah hamil dan melahirkan sebelumnya, dokter mungkin juga akan bertanya apakah bayi yang anda lahirkan mengalami masalah kesehatan atau tidak. Pertanyaan lainnya dalam sesi konsultasi dalam Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1 mungkin juga mengenai sejarah kesehatan suami anda –dan keluarganya. Dalam Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1, ada beberapa hal yang harus anda periksakan, dan salah satunya adalah berat badan anda. Jangan terkejut dengan berat badan anda yang bertambah, karena pada umumnya wanita hamil akan mengalami penambahan berat badan sekitar 10 hingga 12,5. Dalam pemeriksaan kehamilan ini, tinggi anda juga akan diukur; pada pemeriksaan selanjutnya, tinggi anda juga akan diukur. Pemeriksaan fisik menyeluruh juga merupakan elemen penting dalam pemeriksaan ini. Dalam Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1, anda juga akan mengalami tes darah, termasuk pemeriksaan golongan darah dan komponen dalam darah anda. Pemeriksaan daya tahan tubuh dan hepatitis B juga termasuk tes penting dalam pemeriksaan kehamilan. Ada beberapa tes khusus yang mungkin anda harus jalani dalam Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1.