Pahami Perubahan Emosi yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Sebelum menjalankan program hamil, seorang ibu dituntut untuk pahami perubahan emosi yang terjadi pada ibu hamil. Hal itu merupakan wujud kesiapan fisik maupun mental pada calon ibu. Sebenarnya, apa sajakah perubahan yang akan dialami oleh ibu hamil? Dalam kehamilan, biasanya ibu akan mengalami banyak perubahan, entah itu perubahan fisik, maupun perubahan emosi yang kesemuanya itu bisa mempengaruhi kondisi kejiwaan calon ibu sendiri.

Dalam menghadapi kehamilan, seorang ibu memiliki respon yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Bahagia, sedih, bahkan seringkali dihantui perasaan cemas yang mengakibatkan ibu mudah sekali menangis. Secara umum, kondisi emosi yang naik turun tersebut adalah hal yang normal, namun ibu hamil harus mampu mengatasinya agar tidak berkembang menjadi depresi.

Biasanya, kehamilan mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Kebahagiaan karena berhasil menjadi wanita sempurna yang didalam rahimnya tumbuh janin yang kelak memanggil Anda dengan sebutan “Mama”. Kebahagiaan karena mendapatkan banyak perhatian dan keistimewaan dari suami, keluarga, maupun lingkungannya.

Namun dibalik perasaan bahagia tersebut, kadangkala muncul kecemasan, diantaranya adalah cemas akan perubahan bentuk tubuh, munculnya jerawat di wajah, bagaimana menghadapi proses persalinan, cemas dengan adanya mitos-mitos kehamilan, cemas akan kesehatan janin, dan lain-lain. Percaya atau tidak, kesemua itu akan mempengaruhi kondisi emosi ibu hamil. Sehingga jika semua orang mau berusaha pahami perubahan emosi yang terjadi pada ibu hamil, maka masalah stress pada ibu hamil akan mudah dihindari.

Pahami perubahan emosi yang terjadi pada ibu hamil menjadi sangat perlu karena tanpa adanya pengetahuan yang cukup, ibu hamil akan kesulitan mengatasi perubahan emosi selama hamil. Akibatnya, ibu hamil akan mudah mengalami stress, dan jika dibiarkan terus menerus maka akan memicu timbulnya depresi. Jika depresi saat hamil tidak segera diatasi maka, akan berlanjut hingga melahirkan atau yang biasa disebut baby blues syndrome.

Lalu, adakah cara mengatasi perubahan emosi pada ibu hamil? Simak beberapa hal berikut :

  • Dukungan suami dan keluarga serta lingkungan sekitar
  • Jalin komunikasi yang sehat dengan semua orang
  • Penuhi semua kebutuhan ibu hamil
  • Memperbanyak pengetahuan dan informasi mengenai kehamilan dari berbagai sumber
  • Bersosialisasi dengan sesama ibu hamil, misalnya mengikuti kelas hamil, yoga ibu hamil, dan lain-lain.