Obat Diare Untuk Ibu Hamil

Saat sedang hamil, tidak menutup kemungkinan Anda terkena diare, justru pada masa kehamilan Anda malah rawan terkena diare, mungkin karena Anda salah makan atau sekedar masuk angin. Yang harus Anda lakukan adalah mencari obat diare untuk ibu hamil yang paling aman karena selama hamil sebisa mungkin Anda harus menghindari obat kimia namun jika Anda tahu mengenai obat kimia yang tepat maka bisa digunakan.

Menurut dr Tanti dari infobunda.com, diare dapat disebabkan oleh bakteri dan virus, namun kebanyakan diare dikarenakan rotasi virus yang bisa sembuh dengan sendirinya. Walau bisa sembuh dengan sendirinya, bahaya yang mengintai saat diare adalah keadaan ibu hamil yang kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka, memperbanyak minum untuk mengganti cairan selama diare adalah suatu keharusan. Bila perut terus merasa mulas maka harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat.

Gejala diare biasanya:

  1. Buang air besar tidak kental atau mencret.
  2. Muntah-muntah.
  3. Bibir dan kulit kering karena dehidrasi.
  4. Badan lemas.

Lalu apa obat diare untuk ibu hamil secara modern dan mudah didapatkan? Misalnya saja newdiatab atau norit, kedua obat tersebut mengandung activated attapulgite yang memang digunakan untuk mengatasi diare biasa atau non spesifik. Dosisnya yang aman digunakan obat diare untuk ibu hamil adalah diberikan 2 tablet sekaligus setelah buang air besar dengan maksimum penggunaan 12 tablet dalam 24 jam.

Selain itu ada pula Norit dengan pemakaian sekali minum 6-9 tablet 3 kali sehari. Jika dalam 2 hari tidak reda, maka Anda harus segera konsultasi ke dokter. Dikhawatirkan terjadi infeksi atau gejala lainnya tanpa Anda sadari. Jangan lupa sediakan selalu biskuit atau makanan kecil agar tubuh Anda terus mendapatkan asupan makanan sehingga tidak terlalu lemas. Dan juga sangat dianjurkan untuk minum yang mengandung elektrolit.

Beberapa makanan yang harus dihindari saat diare:

  1. Makanan pedas.
  2. Makanan yang terlalu manis.
  3. Makanan bersantan kental.
  4. Minuman dengan kandungan gula tinggi.