Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga, dan Jenisnya

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga sebenarnya hampir sama dengan asupan nutrisi pada usia kehamilan trimester pertama dan kedua. Namun, Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga agak lebih penting untuk dipelajari dan benar-benar dikonsumsi untuk menjaga kesehatan calon ibu dan buah hati sebelum lahir. Selain itu, mengkonsumis makanan yang mengandung Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga juga akan membantu pembentukan organ-organ si calon bayi. Sayangnya, masih banyak ibu hamil (terutama mereka yang hamil untuk pertama kali) sering kali mengabaikan kebutuhan nutrisi di trimester ketiga. Mereka beranggapan bahwa nutrisi yang dikonsumsi sama dengan saat mereka memasuki usia kehamilan trimester pertama dan kedua. Padahal, para caln ibu membutuhkan nutrisi yang lebih banyak, terutama untuk membantu proses persalinan. Berikut ini adalah beberapa Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga, juga makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga Adalah Kalori

Sebagaimana pada trimester kedua, kalori juga merupakan salah satu Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga. Sebuah sumber online menyebutkan bahwa kebutuhan kalori selama kehamilan mencapai 80,000 kilo kalori perhari; oleh karena itu, wanita hamil akan mengalami pertambahan berat badan sekitar 12 kilogram pada masa ini. Rata-rata kalori yang dibutuhkan per-hari dalam Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga berkisar antara 285 hingga 300kkal. Selain sebagai cadangan energi untuk proses melahirkan, kalori merupakan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga karena pertumbuhan janin dan plasenta akan lebih baik dengan asupan kalori yang cukup. Nutrisi ini juga bermanfaat untuk menambah volume darah dan cairan ketuban. Kalori bisa diperoleh dari makanan sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian (termasuk diantaranya beras). Susu, minyak nabati, dan telur, juga merupakan sumber kalori yang baik.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga Lainnya

Pada dasarnya, vitamin merupakan nutrisi penting bagi calon ibu yang usia kandungannya memasuki usia trimester ketiga. Salah satu jenis vitamin yang merupakan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga adalah vitamin B6, yang sangat membantu menjalankan lebih dari 100 reaksi kimia dalam tubuh. Selain membantu dalam pembentukan sel darah merah, vitamin adalah Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga yang membantu metabolism karbohidrat, lemak, dan asam amino. Sebuah sumber medis mengatakan bahwa seorang ibu hamil memerlukan sekitar 2,2milligram vitamin B6 sehari. Yodium, yang membantu pembentuk senyawa tiroksin, adalah vitamin yang juga salah satu Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga. Kekurangan yodium selama masa kehamilan akan berakibat fatal pada janin calon ibu. Kombinasi B1, B2, dan B3 juga merupakan vitamin penting bagi ibu hamil. Banyak yang tidak mengira bahwa air, yang berguna untuk memperlancar metabolism tubuh, juga merupakan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga.