Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua, dan Tips Singkat

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua adalah salah satu hal penting yang harus dipelajari oleh ibu hamil yang usia kandungannya memasuki trimester kedua atau 3 bulan kedua –usia kandungan antara minggu ke 13 hingga minggu ke 24. Terutama mereka yang mengalami kehamilan pertama, kemungkinan kurang begitu tanggap tentang nutrisi dan makanan yang harus mereka konsumsi. Padahal, asupan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua dan selama masa kehamilan sangatlah penting untuk menjamin kesejatan ibu dan janinnya. Satu hal tentang asupan nutrisi selama kehamilan adalah bahwa tiap trimester, calon ibu membutuhkan nutrisi yang berbeda, berdasarkan perkembangan buah hati dan kondisi calon ibu. Oleh karena itu, Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua mungkin akan sangat berbeda dengan nutrisi di trimester pertama. Berikut ini adalah beberapa Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua, serta makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

Kalori Sebagai Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua

Ada beberapa Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua yang harus diketahui oleh setiap ibu hamil; beberapa diantara nutrisi-nutrisi ini juga dibutuhkan pada usia kandungan trimester pertama, dan trimester berikutnya. Diantara nutrisi penting ini, kalori adalah Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua yang pertama dan yang paling dibutuhkan. Agak sedikit berbeda dengan trimester pertama, seorang ibu hamil memerlukan lebih banyak kalori di usia kandungan trimester kedua. Beberapa sumber bahkan menyebutkan bahwa seorang ibu hamil memerlukan sekitar 300 kalori tiap harinya. Tambahan kalori bisa didapatkan dari nasi, roti atau snack sehat lainnya; sebaiknya hindari makanan cepat saji seperti kentang gorang untuk menambah kalori. Selain kalori sebagai tambahan energy, serat dalam sayur-sayuran dan buah juga merupakan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua yang penting.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua Yang Lain, dan Beberapa Tips Penting

Vitamin juga merupakan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua yang penting selain kalori. Pada dasarnya, vitamin adalah nutrisi penting selama masa kehamilan, dari trimester pertama hingga terakhir. Setidaknya ada 4 jenis vitamin yang merupakan nutrisi penting, dan yang pertama adalah vitamin B2 atau Riboflavin. Vitamin ini bermanfaat untuk melepaskan energi dan membantu kebutuhan protein yang meningkat. Vitamin B12, yang bermanfaat untuk menjaga sel-sel sumsung tulang belakang, adalah vitamin yang merupakan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua. Vitamin C juga merupakan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua, karena vitamin ini membantu menyerap zat besi dalam kacang-kacangan dan sayuran. Untuk memperbaiki penyerapan kalsium, calon ibu memerlukan asuapan vitamin D. Selama masa kehamilan trimester kedua, seorang ibu dianjurkan untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi, untuk mencegah radang gusi. Mencegah radang gusi juga adalah hal penting untuk dipelajari selain Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua.