Minum Kopi Saat Hamil, Kenapa Dilarang?

Larangan minum kopi bagi wanita hamil terus didengungkan, salah satunya adalah karena kandungan kafein yang membahayakan janin dalam kandungan. Tapi, tentu saja tidak hanya larangan yang membuat Anda harus stop minum kopi saat hamil. Anda juga harus tahu, kenapa? Jadi, minum kopi saat hamil, kenapa dilarang?

Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Kafein juga kerapkali menimbulkan efek samping meningkatnya frekuensi buang air kecil lebih sering yang dikhawatirkan bisa meluruhkan nutrisi penting yang sebetulnya dibutuhkan janin. Bukan hanya itu, kafein dalam kadar tertentu juga bisa menyebabkan pengerutan pembuluh darah sehingga aliran darah ke plasenta bisa berkurang.

Dampak negatif lainnya adalah kafein dapat dengan mudah melewati saraf darah plasenta hingga akhirnya memasuki aliran darah janin. Jika hal ini terjadi maka akan membuat denyut jantung janin meningkat dan jika hal ini terus berlanjut ketika bayi dilahirkan akan membuat bayi sulit tidur.

Kafein juga mampu menimbulkan efek samping penghambatan turunnya buah zakar dari panggul ke kantong zakar pada bayi laki-laki sehingga buah zakar masih berada di rongga panggul ketika bayi dilahirkan. Buah zakar yang normal terbentuk di rongga perut dan bergerak turun ke kantung zakar selama bayi dalam rahim. Turunnya testis ke kantung zakar ini penting untuk proses pembentukan sperma. Testis yang tidak turun sebetulnya tidak bisa dideteksi karena tidak menyebabkan sakit, kecuali jika ibu atau dokter memperhatikannya dengan seksama. Namun, walau tidak sakit, kondisi tidak turunnya testis sangat berbahaya karena akan berdampak pada produksi spermanya kelak. Maka, tindakan yang diambil biasanya adalah operasi jika testis tidak turun sampai anak umur 2 tahun. Tindakan bedah yang dilakukan termasuk operasi kecil. Tentu ini sangat menyeramkan, bukan?

Selain itu, kafein juga senyawa fenol yang bisa menghambat penyerapan zat besi dalam saluran pencernaan. Kondisi ini menyebabkan anemia pada ibu hamil. Jadi, minum kopi saat hamil sebaiknya Anda hindari dengan berbagai resiko yang bisa membahayakan diri Anda dan janin yang Anda kandung.