Menghilangkan Pusing Saat Hamil

Perubahan hormon ketika hamil kerapkali membuat gangguan psikis maupun psikis. Salah satunya adalah kondisi pusing yang sering terjadi. Keluhan ini bisa dalam tingkat yang rendah hingga bisa menyebabkan pingsin. Penyebabnya adalah sistem kardiovaskular mengalami perubahan dramatis, seperti kenaikan detak jantung naik, akibatnya jantung memompa lebih banyak darah per menit sehingga jumlah darah dalam tubuh bertambah sebesar 40 hingga 45 persen.

Pada proses kehamilan, tekanan darah di awal kehamilan akan berkurang dengan titik terendah di trisemester kedua, sedangkan titik tertinggi pada trisemester akhir. Perubahan ini awalnya mampu diadaptasi oleh sistem kardiovaskular dan sistem saraf namun ketika keduanya tidak mampu akhirnya gejala pusing terjadi hingga bisa membuat ibu hamil pingsan.

Walau ini kondisi yang normal pada saat hamil, namun menghilangkan pusing saat hamil tentu akan membuat Anda lebih nyaman.

Beberapa hal yang memicu pusing saat hamil adalah:

  1. Terlalu cepat berdiri pada saat sedang duduk. Hindarilah hal ini, Anda bisa duduk dengan perlahan dan berdiri dengan perlahan, gerakkan kaki untuk melancarkan sirkulasi.
  2. Berbaring telentang. Kondisi penurunan sirkulasi di kaki bagian bawah pada saat hamil dikarenakan tekanan vena kava inferior yaitu vena besar yang mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh ke jantung dan vena panggul. Maka, ketika ibu hamil berbaring telentang terlalu lama bisa meningkatkan denyut jantung, penurunan tekanan darah, sehingga memicu kondisi gelisah, mual, hingga sakit kepala ringan. Untuk Untuk itulah berbaringlah dengan seimbang antara sisi kiri dan sisi kanan bukan telentang untuk menghilangkan pusing saat hamil.
  3. Kurang asukan makanan dan minuman yang menyebabkan menyebabkan gula darah rendah sehingga memicu pusing atau pingsan selama kehamilan. Upayakan selama proses kehamilan, Anda meningkatkan asupan gizi dan oksigen dalam tubuh, sehingga bisa menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandung.
  4. Anemia atau kurang darah menjadi faktor lain yang menyebabkan wanita hamil mengalami pusing. Hal ini disebabkan turunnya sel darah merah untuk membawa oksigen ke otak dan organ-organ lain.
  5. Menghabiskan waktu di ruang yang kurang udara atau mandi dengan air terlalu panas.
  6. Ibu hamil memang harus berolahraga, namun berolahraga dengan kadar berlebihan bukan menghilangkan pusing saat hamil melainkan mencetuskan pusing.
  7. Respon vasovagal dimana terdapat penurunan tekanan darah akibat tindakan saraf vagus seperti batuk, buang air kecil atau buang air besar bisa juga membuat pusing kepala.