Mengatasi Sembelit Ketika Hamil

Sembelit bukanlah satu hal yang ingin kita bicarakan dengan banyak orang, terutama saat sedang berada di sebuah pesta atau hajatan tertentu. Namun, bagi wanita hamil, sembelit merupakan satu kondisi yang umum. Tapi, adakah cara untuk membuat sembelit ini pergi dari tubuh kita? Karena sembelit saat hamil adalah penderitaan. Perut terasa kembung, penuh gas, mudah tersinggung dan frustasi karena bolak balik ke kamar kecil.

Kenapa sembelit ketika sedang mengandung disebut keadaan umum. Alasannya adalah selama masa kehamilan, hormon progesteron menyebabkan otot usus besar menjadi rileks dan membiarkan makanan berdiam di saluran pencernaan lebih lama dari biasanya. Keuntungannya, ada waktu tambahan bagi nutrisi untuk terserap ke dalam pembuluh darah dan mencapai bayi di dalam rahim. Kekurangannya, makanan sisa dan tak terpakai menumpuk di saluran pembuangan untuk waktu yang lebih lama.

Untuk mengatasi hal ini Anda harus banyak mengonsumsi cairan termasuk air putih, jus, sayuran, buah atau air kaldu. Konsumsi asupan cairan itu setiap hari untuk membuat makanan padat bisa bergerak melalui saluran pencernaan dengan frekuensi yang teratur dan lancar. Selain itu, dalam kondisi sembelit saat hamil Anda harus banyak mengonsumsi makanan penuh serat. Mau diolah secara segar atau dijadikan menu makanan apapun serat yang terkandung di dalam makanan tersebut tidak akan berkurang. Setidaknya, tidak banyak berkurang.

Konsumsi makanan terbaik untuk wanita hamil adalah makanan segar dan bukan yang sudah mengalami proses pengolahan tertentu. Ada anggapan bahwa mengonsumsi suplemen untuk kehamilan akan membantu mengatasi sembelit. Sebenarnya, suplemen juga berkontribusi pada terjadinya sembelit. Suplemen untuk wanita hamil biasanya mengandung vitamin prenatal, kalsium dan zat besi. Agar tidak berlebihan dan menyebabkan konstipasi, konsultasikan lebih dulu cara mengonsumsi suplemen tersebut pada ahli medis atau dokter kandungan Anda.

Ingatlah, jangan sembarangan mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Iklan yang ditayangkan di televisi seakan memberikan kemudahan bagi wanita hamil untuk terhindar dari masalah sembelit. Namun pada kenyataannya, tidak semudah itu. Karena tidak semua zat herbal dan laksatif yang terkandung dalam obat sembelit aman bagi wanita hamil. Konsultasikan dulu dengan dokter untuk pemakaian yang aman. Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sembelit saat hamil adalah dengan banyak bergerak. Jangan malas dan hanya berdiam diri saja.

Semakin banyak bergerak maka akan mengaktifkan otot pencernaan dan mendorong sisa-sisa makanan untuk terbuang dengan lancar. Semoga penjelasan ini cukup membantu mengatasi sembelit bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan.