Mempelajari Obat Sakit Gigi Untuk Ibu hamil

Obat sakit gigi untuk Ibu hamil harus diketahui sejak dini oleh para wanita yang akan menjadi seorang Ibu. Bahkan yang sudah berpengalaman jadi Ibu pun juga penting mempelajari tentang hal ini. Ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang sangat berbeda dengan biasanya. Kondisi tubuh tersebut dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuhnya. Perubahan hormon tersebut dapat memberikan pengaruh yang beragam. Kadang menimbulkan rasa sakit pada gigi, mulut, seluruh tubuh dan sebagainya.

 

Sakit Gigi Pada Ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan perawatan yang berbeda ketika sakit, misalnya saja sakit gigi. Ibu hamil ada kemungkinan mengalami sakit gigi pada usia kehamilan berapapun itu. Sakit gigi tidak dapat dihindari jika sudah terjadi, karenanya bahasan sakit gigi ini mengarah pada obat sakit gigi untuk Ibu hamil.

Sakit gigi yang dialami oleh Ibu hamil terjadi karena kesehatan pada gigi dan mulut Ibu hamil tersebut tidak dirawat dengan baik. Akibatnya, banyak bakteri gigi yang menyerang gigi Ibu hamil. Meski hanya berupa sakit gigi, ternyata sakit tersebut dapat mengganggu kesehatan janin. Utamanya kesehatan janin pada usia trisemester pertama atau tiga bulan usia kehamilan yang pertama.

Meskipun ada perlakuan khusus pada Ibu hamil ketika sakit, tapi ketika sakit gigi yang mengakibatkan gigi harus dicabut, maka harus dilakukan sesuai petunjuk ahlinya. Jika gigi tidak dicabut, maka Ibu hamil dapat terkena radang. Selain itu, jika terjadi infeksi, maka janin dapat terkena infeksi juga melalui aliran darah ibunya.

Oleh karena itu, seorang Ibu hamil harus menjaga kesehatan diri dan janinnya guna melawan serangan penyakit. Selain itu, jika Ibu hamil tersebut telah terserang sakit gigi, maka pengobatan dan untuk selanjutnya, perawatan gigi penting dilakukannya.

 

Obat Sakit Gigi

Berikut ini terdapat obat sakit gigi baik alami maupun mengandung bahan kimia untuk ibu hamil, yaitu.

1. Obat alami memiliki beragam jenis, misalnya.

  • Meletakkan dan memijat es balok yang diletakkan pada jari telunjuk dan ibu jari dengan ukuran kecil.
  • Mengunyah bawang merah ataupun bawang putih, jika gigi mulai terasa sakit.
  • Minyak cengkeh dioleskan ke area gigi yang sakit.

2. Obat yang mengandung bahan kimia, misalnya obar pereda nyeri dengan konsultasi dokter ahli sebelumnya.

Obat alami maupun yang mengandung bahan kimia, sebenarnya tidak diperlukan jika perawatan pada gigi baik. Intinya adalah lebih baik mencegah daripada menggunakan obat sakit gigi untuk Ibu hamil atau jenis penyakit lainnya.