Memahami Bahaya Kehamilan di Usia 40 tahun Ke Atas dan Cara Menanggulanginya

Bahaya Kehamilan di Usia 40 Tahun Ke Atas dan Cara Menanggulanginya sebaiknya diketahui oleh para wanita, baik yang belum menikah, maupun sudah menikah. Hal ini menjadi begitu penting mengingat kehamilan di atas usia 40 tahun rentan dengan berbagai risiko dan komplikasi. Tidak hanya pada sang ibu, tetapi juga pada janin yang ada di dalam kandungannya.

Hal Yang Terjadi Pada Ibu dan Janin Apabila Ibu Mengandung di Usia 40 Tahun Ke Atas

Kehamilan adalah suatu keadaan dimana seorang wanita memiliki janin yang sedang tumbuh di dalam rahimnya. Pada kehamilan ini terjadi beragam perubahan fisiologis maupun hormonal dalam tubuh sang ibu. Di atas usia 37 tahun, kualitas dari ovum atau yang kita kenal dengan sel telur kualitasnya sudah tidak bagus. Apabila sel telur ini kemudian dibuahi sperma, maka kualitas dari janin yang dihasilkan tidaklah seperti yang diharapkan. Berbagai risiko akan timbul terkait dengan adanya bahaya kehamilan pada umur 40 tahun. Pada sang ibu, hipertensi pada kehamilan dapat terjadi. Salah satu jenis yang tersering adalah pre-eklampsia. Selain itu, diabetes gestasional (diabetes pada kehamilan) dapat pula terjadi. Begitupun dengan perdarahan post partum. Sementara pada janin, pertumbuhannya akan terhambat. Dan bukan tidak mungkin akan terjadi yang namanya kelainan bawaan, seperti Down Sindrom, yang terjadi akibat kelainan pada kromosom. Pada kelanjutan perkembangannya, jika janin itu terlahir, maka sang anak akan mengalami gangguan perkembangan dan mental.

Deteksi Dini dan Pencegahan Terkait Bahaya Kehamilan di Usia 40 Tahun Ke Atas dan Cara Menanggulanginya

Pemeriksaan ultrasonografi (USG) dapat dilakukan untuk mendeteksi apakah terdapat bahaya kehamilan pada umur 40 Tahun Ke Atas seperti misalnya sindrom Down. Selain itu, juga dapat dilakukan pemeriksaan Alpha Feto Protein dan Human Corionic Gonadotropin. Bagi para ibu hamil disarankan untuk dapat melakukan pemeriksaan antenatal secara teratur, menerapkan pola makan seimbang dan hidup sehat, dan meminum suplemen penting yang dibutuhkan saat kehamilan.

Apabila kehamilan di usia 40 tahun pun telah terjadi, tak perlu berkecil hati. Harusnya itu membuat Anda lebih memperhatikan kandungan Anda dan juga kesehatan Anda. Tetaplah waspada dan teruslah berdoa karena tidak ada yang tidak mungkin terjadi di dunia ini. Demikian beberapa Bahaya Kehamilan di Usia 40 Tahun Ke Atas dan Cara Menanggulanginya. Semoga bermanfaat ya!