Makanan Bergizi untuk Kehamilan Trimester Pertama

Apa saja Tips Makanan Bergizi untuk Kehamilan Trimester Pertama? Untuk mendapatkan makanan bergizi saat hamil, sebenarnya tak perlu dengan mengeluarkan biaya mahal.

Beberapa tips di bawah ini dapat membantu Anda memenuhi gizi yang Anda butuhkan selama kehamilan Anda, terutama pada trimester pertama tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam:

Mengkonsumsi Ikan Air Tawar

Ikan air tawar yang banyak mengandung gizi, omega 3 dan 6 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak. Jika dilihat dari segi harga, ikan air tawar pasaran harganya lebih murah bila dibandingkan dengan ikan air laut. Contoh beberapa jenis ikan air tawar yang bisa Anda pilih antara lain: ikan nila dan lele. Selain itu, Anda bisa juga mengkonsumsi lobster air tawar. Harga lobster air tawar mungkin relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan dua jenis ikan sebelumnya, tetapi masih jauh lebih murah dari harga ikan air asin.

Hindari Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Tips Makanan Bergizi untuk Kehamilan Trimester Pertama berikutnya adalah hindari mengkonsumsi makanan cepat saji karena makanan tersebut hanya akan membuat janin semakin tidak sehat. Saat trimester pertama tersebut otak janin mulai dibentuk, untuk itu si calon ibu membutuhkan asupan gizi yang baik agar pembentukan otak janinnya sempurna. Makanan cepat saji mengandung sangat sedikit zat gizi yang dibutuhkan baik oleh ibu maupun janin. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan segar seperti sayur dan buah segar yang mengandung banyak gizi, mineral dan antioksidan serta serat..

Jangan Mengonsumsi Makanan Berminyak

Tips selanjutnya adalah jangan mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang berminyak. Gorengan mungkin salah satu makanan terlezat di dunia. Namun, kandungan minyaknya bisa membahayakan janin. Jangan terlalu sering mengkonsumsi gorengan apalagi yang dijual di sembarang tempat yang minyaknya biasanya sudah dipakai berkali- kali.

Perbanyak konsumsi Buah- Buahan

Buah- buahan yang mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh ibu dan bayi. Menkonsumsi buah segar dan alami lebih disarankan daripada mengkonsumsi vitamin dalam bentuk tablet yang tentu sudah tercampur dengan bahan kimia.

Hindari Mengkonsumsi Makanan Kaleng

Makanan kaleng juga hampir mirip dengan junk food. Untuk sehari- hari saja, makanan kaleng tak boleh terlalu sering dikonsumsi, apalagi untuk ibu hamil. Maka, adalah dengan menghindari makanan kaleng sebisa mungkin.

Sebenarnya, Tips Makanan Bergizi untuk Kehamilan Trimester Pertama hampir sama dengan makanan bergizi yang harus kita konsumsi sehari- hari. Hanya saja, bila untuk konsumsi sehari- hari dan dalam kondisi tidak hamil biasanya kita kurang peduli, maka saat kondisi hamil harus benar- benar peduli.