Kosmetik Aman Untuk Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil juga ingin tampil cantik, bukan? Namun, pada kondisi ini harus pintar memilih kosmetik aman untuk ibu hamil karena tidak semua kosmetik memiliki kandungan yang aman bagi janin yang dikandung.

Berikut ini dikupas mengenai cara pemilihan kosmetik aman untuk ibu hamil:

  1. Pilihlah lipstik yang terbuat dari bahan alam seperti misalnya pelembab bibir, karena lipstik yang mengandung zat pengawet sangat berbahaya jika tanpa sengaja terjilat atau tertelan.
  2. Gunakan parfum yang tidak menimbulkan alergi dan pilih aroma yang menyegarkan. Jika parfum yang digunakan menyebabkan mual dan pusing sebaiknya segera dihentikan penggunaannya.
  3. Jika sebelum hamil sering menggunakan krim pemutih wajah, maka ketika hamil hentikanlah karena pemutih wajah mengandung bahan merkuri yang bisa membahayakan janin.
  4. Konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin menggunakan pewarna rambut karena cat rambut memiliki kandungan zat yang membahayakan janin yang dikandung.
  5. Hindarilah segala jenis obat jerawat, jika Anda berjerawat sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai obat yang paling aman untuk digunakan.
  6. Bulu atau rambut halus pada kaki dan tangan menjadi lebih subur karena faktor hormonal, jika Anda terganggu jangan gunakan bahan kimia untuk menghilangkannya, Anda cukup mencukurnya secara tradisional.
  7. Bahan yang terkandung pada pemutih gigi sangat berbahaya bagi janin, karena itu sebaiknya hindari penggunaan pemutih gigi. Jika ingin membersihkan gigi, sebaiknya secara teratur menyikat gigi dengan pasta gigi yang aman bagi janin.
  8. Untuk perawatan rambut sebaiknya tidak terlalu berlebihan misalnya dengan melakukan proses perubahan rambut yang ekstrim seperti keriting atau meluruskan rambut karena zat kimia yang terkandung didalamnya bisa membahayakan janin.

Dengan melihat panduan tentang kosmetik aman untuk ibu hamil akan lebih baik bagi ibu hamil untuk tetap cantik dan segar, karena dengan kondisi janin yang ada dalam kandungan harus menggunakan kosmetik yang lepas dari berbagai kandungan kimia. Karena memang kondisi kehamilan rentan terkontaminasi pada pengaruh zat kimia sebab bisa mengganggu tumbuh kembang janin. Untuk itu, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau orang yang ahli di bidang kecantikan dan kesehatan tentang semua produk kosmetik yang akan digunakan agar tetap cantik tetapi juga aman bagi ibu hamil dan juga janin.