Kenali Beberapa Gejala Kehamilan Kembar

Banyak pasangan yang menginginkan untuk memiliki anak kembar, jika anda termasuk salah satunya, maka patutlah anda mengetahui apa saja Gejala Kehamilan Kembar. Dengan mengetahuinya, maka anda telah mempersiapkan diri dengan pengetahuan kalau-kalau nanti anda dikaruniai kehamilan. Pengetahuan mengenai Gejala Kehamilan Kembar memang sangat penting demi mempersiapkan diri untuk menyambut buah hati kembar. Memiliki anak kembar bukanlah perkara mudah, banyak sekali yang harus dipikirkan dan dipersiapkan. Mengetahui beberapa Gejala Kehamilan Kembar berikut ini merupakan langkah awal persiapan tersebut.

Morning Sickness Hebat

Salah satu Gejala Kehamilan Kembar yang paling kentara menurut beberapa orang ibu yang pernah mengalaminya adalah adanya morning sickness yang begitu hebat, melebihi kondisi pada kehamilan normal non-kembar. Morning sickness merupakan gejala mual-mual yang dirasakan ibu hamil pada pagi hari. Namun, banyak juga ibu hamil yang mengalaminya tidak hanya pada pagi hari saja, tetapi juga pada siang, bahkan di malam hari. Hal ini disebabkan oleh meningkatkan kadar hormon pada tubuh sang ibu. Pada kehamilan kembar, peningkatan hormon lebih tinggi dibandingkan dengan kehamilan biasa. Namun, banyak juga ibu hamil kembar yang tidak atau hanya mengalami sedikit morning sickness. Semuanya tergantung kondisi tubuh dan juga psikologis ibu itu sendiri.

Perubahan Tubuh Yang Lebih Drastis

Gejala Kehamilan Kembar lainnya adalah adanya perubahan pada tubuh sang ibu. Kehamilan normal pun ditandai dengan hal ini, namun pada ibu hamil kembar, perubahan pada tubuh akan terasa dan tampak lebih drastis. Ini disebabkan adanya kadar hormon yang ekstra pada tubuh ibu hamil kembar. Contoh gejalanya adalah frekuensi buang air kecil yang jauh meningkat, payudara terasa sangat membengkak, lebih cepat lapar, dan sangat mudah lelah. Seiring dengan semakin matangnya usia kehamilan, maka Gejala Kehamilan Kembar akan semakin intens pula. Pembengkakan kaki dan tangan, kesulitan menangkap nafas, serta kenaikan berat badan yang drastis dapat juga dialami oleh ibu yang sedang hamil bayi kembar.

Kadar AFP Meningkat

Gejala Kehamilan Kembar lainnya adalah kenaikan kadar AFP (alpha fetoprotein) merupakan gejala yang lumrah terjadi pada kehamilan kembar. AFP merupakan protein yang dilepaskan oleh bayi dan ditemukan dalam darah ibu. Karena bayi yang dikandung lebih dari 1, maka tentu kadar AFP nya akan lebih tinggi.

Beberapa Gejala Kehamilan Kembar di atas dapat menjadi pengetahuan anda untuk mempersiapkan diri secara lebih baik untuk menyambut karunia buah hati kembar yang anda idam-idamkan.