Kenali Alergi Pada Ibu Hamil

Bukan hanya bayi yang rawan terkena alergi, ibu hamil pun bisa terkena alergi. Sejumlah dokter ahli alergi menyatakan bahwa alergi sang ibulah yang biasanya menurun pada si bayi. Sebelum alergi ibu hamil diturunkan pada si bayi, alangkah lebih baik jika mengenali alergi itu sendiri.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh sang ibu untuk meminimalisir alergi adalah sebagai berikut:

  1. Kenali alergi dan hindari pemicunya. Dengan mengenali alergi yang dimiliki lebih mudah menghindari munculnya alergi.
  2. Menjaga makanan yang dikonsumsi untuk menekan potensi alergi yang sewaktu-waktu bisa menyerang. Disarankan mengkonsumsi antioksidan dan sayur-sayuran.
  3. Menghindari asap rokok, debu, dan tidur di kamar yang bebas alergen.
  4. Mengkonsumsi makanan rendah lemak, tinggi protein serta karbohidrat.

Alergi pada ibu hamil tidak akan terjadi jika tidak dipicu oleh pencetus alergi dan sebaiknya tindakan pencegahan memang jauh lebih baik dibandingkan mengobati. Pola hidup sehat pada ibu hamil menjadi langkah terbaik untuk menghindari alergi.

Alergi pada ibu hamil dikarenakan kadar hormon progesterone yang meningkat dan menurunnya sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil sehingga memudahkan tubuh menerima virus dari luar yang menyebabkan alergi misalnya berupa gatal-gatal atau bersin-bersin.

Alergi pada ibu hamil ini biasanya muncul pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga. Beberapa gejala alergi adalah sebagai berikut:

  1. Terganggunya sistem pernafasan seperti timbulnya batuk, pilek, hidung tersumbat, sakit telinga, hingga suara serak.
  2. Terganggunya sistem pencernaan yang bisa menimbulkan nyeri perut, diare, sulit buang air besar, kembung, dan sering buang gas.
  3. Terganggunya kesehatan kulit dengan gejala kulit gatal, kulit merah berbintik-bintik, kulit menebal, hingga bibir menjadi bengkak.
  4. Terganggunya fungsi mata yang terlihat secara langsung seperti mata gatal, mata merah, mata berair, mata belekan, warna kehitaman di bawah mata, hingga bintitan.

Beberapa faktor yang memicu alergi pada ibu hamil selain meningkatnya hormon progesterone adalah makanan, obat-obatan, kelelahan, stress, debu, hingga cuaca.