Kehamilan 8 Bulan Membuat Tak Sabar

Kalau Anda sudah melihat perut wanita hamil seperti sebuah balon besar, tanda usia kehamilan menjelang melahirkan terlihat sudah. Kehamilan 8 bulan adalah masa indah bagi ibu, dan biasanya mulai merasa tidak sabar menunggu kehadiran si buah hati.

Pada masa ini, diharapkan sang ibu mempersiapkan diri menyambut si kecil dengan terus mengkonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi untuk memaksimalkan pertumbuhan janin terutama pertumbuhan pada otak janin.
Pada kehamilan 8 bulan, janin di dalam perut tumbuh jauh lebih aktif dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, terutama di bagian otak. Maka, sang ibu bisa memaksimalkan pertumbuhan itu dengan terus mengkonsumsi makanan yang penuh gizi terutama yang memiliki kandungan omega 3.

Perbedaan lain usia kandungan 8 bulan dengan bulan-bulan sebelumnya adalah bayi lebih tenang karena bentuknya sudah lebih besar dan berat badannya yang terus meningkat sebelum akhir periode kelahiran sehingga membuatnya sulit bergerak dalam perut. Paru-paru janin terus berkembang, begitu juga dengan anggota tubuh dan organ lainnya yang sudah sempurna. Mata sudah berfungsi sehingga membuatnya lebih bisa fokus dan juga berkedip, bahkan sang ibu bisa merasakan kapan bayi dalam perut dalam keadaan tidur atau bangun. Pada usia kehamilan 8 bulan ukuran janin bisa mencapai 2,5 kg.

Dengan pertumbuhan janin yang maksimal dalam perut ibu, pada usia ini biasanya mulai terjadi kontraksi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kontraksi bisa menjadi salah satu cara uterus bersiap melahirkan sang buah hati. Selain kontraksi, rasa nyeri pada kandung kemih dan daerah sekitarnya akan terjadi karena si janin sudah bersiap lahir dengan posisi menekan ke bagian kandung kemih.

Kondisi-kondisi pada usia kehamilan 8 bulan seperti proses yang terjadi menjelang melahirkan, ada rasa sakit yang kerapkali muncul. Kondisi ini bisa ditekan dengan aktifnya sang ibu melakukan senam hamil.

Beberapa keluhan yang biasa dialami ibu hamil saat kehamilan usia 8 bulan adalah:

  1. Kelelahan
  2. Sembelit
  3. Sakit punggung
  4. Gusi berdarah
  5. Payudara yang terus membengkak
  6. Kram kaki
  7. Sesak nafas, dan beberapa keluhan lainnya.