Kehamilan 5 Bulan Yang Mendebarkan

Setelah melewati usia kandungan 4 bulan yang rawan, pada usia 5 bulan ini para ibu hamil cukup berdebar dengan pertumbuhan si janin yang signifikan, mulai dari inderanya yang mulai berfungsi dan juga karena janin yang dikandung mulai sensitif dengan kondisi sekitarnya.

Panca indera si bayi yang mulai sensitif ini memberikan pengaruh bagi bayi maupun pada si ibu. Salah satunya adalah dengan respon berupa gerakan halus yang dihasilkan dan dirasakan oleh si ibu. Kulit si bayi yang sensitif pada sentuhan, mata yang mulai merespon cahaya, telinga yang mulai mendengar, hingga organ lainnya yang mulai tumbuh membuatnya semakin kuat di dalam perut.

Pada kehamilan 5 bulan, si bayi sudah memiliki sistem perlindungan atau imun yang melindunginya dari sakit maupun infeksi. Janin yang sudah memiliki lemak ini, membantu tubuhnya mengatur suhu tubuh, ginjal yang sudah terbentuk membuatnya mampu menghasilkan urin. Pada kehamilan 5 bulan, si janin sudah mencapai ukuran lebih dari 7 inci.

Usia kehamilan 5 bulan yang paling ditunggu adalah gerakan janin yang mulai terasa. Gerakan dan getaran halusnya sangat dirindukan semua ibu, apalagi kondisi tubuh si ibu yang mulai stabil membuat ibu menikmati proses kehamilan di usia ini.

Kenali juga beberapa kondisi yang berbeda pada usia kehamilan 5 bulan seperti mulai munculnya stretch marks dan cairan susu yang keluar dari puting.

Beberapa tanda lain yang dialami oleh ibu pada usia kehamilan 5 bulan adalah sebagai berikut:

  1. Lendir pada vagina.
    Ini proses yang biasa terjadi pada ibu hamil dengan usia kandungan 5 bulan, asal tidak mengeluarkan darah masih dikatakan aman.
  2. Sembelit.
    Kesulitan buang air besar atau sembelit, biasa terjadi karena proses kerja pencernaan yang menjadi lambat saat hamil.
  3. Gusi berdarah.
    Gusi yang berdarah diakibatkan karena perubahan hormon yang terjadi secara drastis pada ibu hamil.
  4. Varises.
    Kenaikan bobot tubuh membuat kaki lebih terbebani, sehingga dapat menyebabkan kaki menjadi varises.