Hamil Di Usia 40 Tahun, Mungkinkah?

Hamil Di Usia 40 Tahun, Mungkinkah? Itulah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mereka yang terlambat menikah. Bukan hanya mereka yang terlambat menikah, namun sebagian ibu-ibu yang telah memiliki anak juga masih sering mengajukan pertanyaan tersebut. Sebagian ibu-ibu masih ada yang berharap untuk memiliki momongan lagi pada usia yang sudah hampir setengah abad tersebut.

Ada banyak pendapat mengenai hamil pada usia 40 tahun. Sebagian besar pendapat tersebut mengatakan bahwa hamil pada usia tersebut bukanlah sesuatu yang sama bila dibandingkan hamil pada usia dibawah 30 tahun. Bagi mereka yang hamil pada usia dibawah 30 tentu saja tidak akan banyak masalah yang perlu dipertimbangkan dan membutuhkan perhatian khusus. Hal itu tentu beda dengan mereka yang hamil pada usia 40. Tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan jika seorang ibu ingin memutuskan untuk hamil atau memiliki anak lagi pada kisaran usia 40 tahun.

Untuk lebih jelasnya dalam menjawab pertanyaan Hamil Di Usia 40 Tahun, Mungkinkah? Maka kita perlu sedikit membaca beberapa referensi berikut ini, sehingga kita bisa menarik sebuah kesimpulan, karena pertanyaan tersebut bukanlah sebuah pertanyaan yang bisa langsung dijawab dengan jawaban “bisa” dan “tidak.”

Risiko Hamil Pada Usia 40 Tahun

Berdasarkan pendapat para ahli, hamil pada usia 40 tahun merupakan sesuatu yang memiliki risiko tinggi. Risiko yang harus dihadapi oleh seorang ibu yang hamil pada usia 40 tahun jauh lebih besar dari pada risiko yang harus dihadapi oleh seorang ibu muda yang hamil.
Risiko tersebut bukan hanya mengancam pada sang ibu, namun juga membahayakan bagi calon bayi yang akan dilahirkan. Jika seorang ibu hamil pada usia tersebut maka benar-benar diperlukan persiapan program kesehatan yang matang untuk mengurangi kemungkinan terjadinya risiko yang akan timbul. Karena itu sebaiknya dilakukan konsultasi yang rutin kepada dokter ahli kandungan anda hamil pada usia rawan tersebut.

Keuntungan Hamil Pada usia 40 tahun

Jika selama ini kita mungkin hanya banyak mendengar tentang bahaya atau kerugian pada saat hamil di usia 40 tahun, mungkin kita juga perlu mengetahui keuntungan hamil pada usia tersebut. Melalui penelitian terbaru yang dilakukan oleh seorang professor dari Keck School of Medicine, University of Southern California wanita yang hamil pada usia tersebut disimpulkan dapat mencegah terjadinya kanker endometrium.

Hormon yang dikeluarkan tubuh pada saat terjadinya kehamilan diyakini dapat mencegah risiko terjadinya kanker tersebut. Jadi bagi para ibu yang hamil pada usia tersebut sebaiknya tidak perlu merasa terlalu kecewa, karena ternyata hamil pada usia 40 juga memiliki manfaat. Jika sang ibu merasa cemas atau takut maka hal tersebut malah akan membebani psikis sang ibu dan akan berdampak buruk bagi kesehatan sang ibu serta janin yang ada dalam kandungan.
Jadi pertanyaan Hamil Di Usia 40 Tahun, Mungkinkah? Jawabnya tentu saja sudah jelas dan bisa ditebak dari penjelasan yang telah tertuang sebelumnya.