Definisi Kehamilan dan Perubahan Tubuh Saat Hamil

Hamil bukan sekadar membesarkan janin dalam rahim yang membuat perut Anda terus membuncit. Ada lebih dari sekedar itu yang bisa Anda ketahui mengenai definisi kehamilan yang luar biasa.
Kehamilan bisa didefinisikan berdasarkan keilmuan yang dipelajari. Dalam agama Islam, Allah menjadikan gumpalan darah menjadi manusia di rahim seorang ibu. Dari sudut ilmu biologi, definisi kehamilan adalah ketika sperma dan ovum menyatu dan membentuk sel yang terus bertumbuh. Maka, dari kedua hal itu disimpulkan definisi kehamilan adalah ketika sebuah embrio di dalam perut wanita terbentuk hingga lahirnya bayi yang dikandung.
Definisi kehamilan lainnya adalah terbentuknya bayi mulai dari pre-embrionik, embrionik hingga kelahiran. Fase ini mengacu pada perkembangan seorang bayi dalam perut sang ibu.
Pada masa pre-embrionik yang merupakan tahapan pertama terbentuknya bayi adalah dengan semakin membesarnya zigot melalui pembelahan sel sehingga terbentuk segumpal sel yang membenamkan diri pada dinding rahim.
Tahap embrio berlangsung selama lima setengah minggu dimana organ dan sistem tubuh bayi mulai terbentuk dari lapisan-lapisan sel di tahap pre-embrionik.
Tahapan terakhir adalah tahap fetus dimana sang bayi mulai menyerupai manusia dalam kurun waktu menjelang minggu kelahiran.

Beberapa perubahan yang terjadi pada saat hamil:

  1. Perubahan pada kulit
    Kelebihan pigmen menyebabkan beberapa bagian menjadi lebih hitam, misalnya saja bagian leher, ketiak, hingga mata kaki.
  2. Perubahan pada kelenjar
    Perubahan ini tidak pada semua ibu hamil, tetapi biasanya jikapun terjadi ciri-cirinya adalah kelenjar tiroid yang membesar menyebabkan leher wanita menjadi seperti pria.
  3. Perubahan pada payudara
    Perubahan pada payudara seperti payudara yang membesar, tegang, dan sakit.
  4. Perubahan pada perut
    Pada usia kehamilan semester pertama belum kelihatan tetapi memasuki semester kedua hingga akhir semester akan terlihat perubahannya.
  5. Perubahan pada alat kelamin
    Alat kelamin akan terlihat besar dan semakin besar di usia kehamilan semester kedua.
  6. Perubahan pada tungkai
    Tekanan uterus pada vena femoralis di kiri dan kanan menyebabkan timbul varises pada sebelah atau kedua belah tungkai.