Cara Tepat Menghitung Usia Kehamilan

Agar kehamilan Anda terjaga perkembangannya, maka mengetahui berapa usia kehamilan secara tepat adalah suatu kewajiban bagi Anda sebab ada fase-fase perkembangan janin dalam perut yang setiap minggunya memerlukan perlakuan yang berbeda, serta dengan menghitung usia kehamilan akan sangat menentukan kapan proses kelahiran dilakukan.

Ada beberapa cara menghitung usia kehamilan yaitu:

  1. Rumus Naegle
    Rumus yang digunakan adalah dengan menghitung hari haid pertama ditambah 7 dan bulannya dikurangi 3 serta tahun ditambah 1. Rumus ini memperkirakan bahwa umur kehamilan hanya berlangsung 288 hari. Perhitungannya digunakan dengan menentukan kapan hari pertama haid ditambah 288 hari.
  2. Gerakan pertama fetus
    Rumus ini berdasarkan gerakan pertama fetus pada usia kehamilan 16 minggu, untuk selanjutkan Anda bisa menjumlahkan di minggu-minggu sesudahnya.
  3. Palpasi abdomen
    Palpasi abdomen terbagi menjadi 3 rumus yaitu rumus Bartholomew, rumus Mc Donald, dan Palpasi Leopold.
    Rumus Bartholomew adalah membagi simpisis puis dan pusat menjadi 4 bagian yang sama, dimana tiap bagian tertambah 1 bulan. Fundus uteri yang teraba pada usia janin 8 minggu. Tinggi fundus uteri pada usia kehamilan 40 minggu hampir sama dengan kehamilan 32 minggu.
    Rumus Mc Donald dengan mengukur fundus uteri dengan pita dimana tingginya dikalikan 2 dan dibagi 7 untuk memberikan kehamilan dalam usia bulan dan jika dikalikan 8 lalu dibagi 7 memberikan kehamilan dalam usia minggu.
    Terakhir Palpasi Leopold melakukan teknik pemeriksaan pada perut ibu dengan mendeteksi posisi dan letak janin yang terbagi dalam beberapa langkah untuk mengetahui 4 hal yaitu letak fundus uteri dan bagian lain fundus uteri, menentukan punggung dan bagian kecil janin sepanjang sisi maternal, membedakan bagian persentasi dari janin dan sudah masuk pintu panggul, dan mengetahui sejauh mana bagian presentasi yang sudah masuk pintu atas panggul.
  4. Perkiraan tinggi fundus uteri
    Bisa dilakukan dengan menggunakan pita pengukur. Cara ini menghitung usia kehamilan ini biasanya dilakukan di bidan-bidan yang belum memiliki alat yang lebih modern.
  5. Ultrasonografi
    Sebuah alat kedokteran yang bisa mendeteksi usia kandungan. Semakin dini dilakukan semakin tepat perkiraannya.