Bagaimana Menghadapi Sakit Mata Saat Hamil?

Sakit mata saat hamil lazim terjadi pada wanita hamil usia kandungan trisemester 3 karena pengurangan ketegangan mata glaukoma dari 5-7 mmHg. Terlebih  wanita hamil yang menderita rheumatoid arthritis atau penyakit kolagen yang bisa mengembangkan sindrom Sjˆgren sehingga mengakibatkan penurunan produksi air mata, mata kering.

Selain alasan di atas, wanita hamil yang memiliki hipertensi pun akan mengalami sakit mata. Penyakit ini hinggap kebanyakan pada kehamilan kembar dengan hipertensi kronis dan diabetes pregestational.

Beberapa sakit mata yang biasanya diderita ibu hamil:

  • Penglihatan kabur atau ganda. Gejala ini dikarenakan kadar glukosa tinggi. Karena itulah wanita yang hamil harus diperiksakan secara rutin ke dokter untuk mengecek gula darah untuk selalu normal.
  • Bintik-bintik di bidang visual.
  • Perubahan retina. Biasanya terjadi pada wanita hamil yang menderita ablasi retina. Untuk menghindari hal ini harus dilakukan pemeriksaan mata membesar di kuartal pertama dan mengulanginya jika memang ada keluhan.
  • Iritasi mata biasanya bisa dilihat secara fisik seperti mata yang merah dan gatal yang sangat mengganggu.

Penyakit mata akan semakin diperburuk karena menderita neuritis optik, myasthenia gravis, dan konjungtivitis vernal. Menjelang akhir kehamilan, pembesaran kelenjar pituitary, yang mengontrol sekresi susu memampatkan Chiasm optik, akan mengakibatkan penurunan visi dan penurunan sekresi mata lateral. Perubahan yang terjadi sementara dan akan berakhir segera setelah melahirkan, karena sel-sel hipofisis kembali ukuran normal.

Selain karena pengaruh kehamilan, sakit mata saat hamil bisa juga disebabkan virus, bakteri maupun benda asing. Adapun penyebab infeksi yang sering terjadi karena virus biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Pengobatan yang dilakukanpun biasanya hanya untuk mengurangi keluhan gatal dan perih. Tindakan pencegahan sakit mata bisa dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A tinggi seperti wortel.

Namun, cara yang paling aman untuk sakit mata saat hamil adalah dengan mengkonsultasikannya dengan spesialis mata mengenai pengobatan yang paling aman untuk Anda dan janin yang Anda kandung.