Apakah Susu Kedelai Baik Untuk Ibu Hamil

Banyak wanita hamil penasaran apakah mereka harus menghindari beberapa makanan sehat selama hamil berkaitan dengan risiko terhadap janin atau tidak. Apakah susu kedelai baik untuk ibu hamil? Karena beberapa ahli menyebutkan bahwa susu kedelai bisa menyakiti bayi yang sedang berkembang didalam rahim karena tingginya bahan kimia yang menyerupai hormon estrogen didalam kedelai.

Namun, penelitian terbaru menyebutkan bahwa susu kedelai tidak akan menimbulkan risiko apapun terhadap kehamilan. Lebih jauh lagi, susu kedelai mengandung nutrisi tinggi yang membuat wanita lebih sehat selama kehamilannya. Selama hamil, ibu harus mengkonsumsi nutrisi tinggi dan memastikan tubuh mendapat cukup asupan vitamin dan mineral untuk perkembangan janin yang sehat.

Peningkatan kalori selama hamil ini juga tidak dilakukan secara drastis namun bertahap. Pertanyaan mengenai apakah susu kedelai baik untuk ibu hamil dapat dijawab disini. Keuntungan kedelai bagi tubuh adalah kandungan protein nabati yang ada didalamnya berguna dan menyehatkan fungsi jantung. Susu kedelai juga termasuk jenis makanan yang mendapat tambahan kalsium yang berguna untuk menguatkan tulang bayi selama didalam kandungan.

Kedelai juga mengandung asam lemak penting yaitu omega 3 untuk kesehatan bayi yang lebih baik didalam kandungan karena lemak ini termasuk dalam kategori lemak baik. Susu kedelai masih diragukan oleh beberapa peneliti mengenai keuntungannya bagi ibu hamil karena mereka menduga susu kedelai mengandung phytoestrogen.

Kandungan phytoestrogen yang tinggi dan masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan dampak yang fatal bagi perkembangan janin dan berisiko tinggi terhadap penyakit kanker. Namun, penelitian ini hanya berdasarkan sampel dari beberapa orang saja dan kepastiannya belum dapat ditegaskan oleh banyak ahli.

Penelitian lebih lanjut menyebutkan bahwa bayi yang diberi susu kedelai tidak memperlihatkan dampak yang merugikan dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Jadi apakah susu kedelai baik untuk ibu hamil? Penelitian terbaru mengatakan tidak ada penyakit yang muncul akibat dari mengkonsumsi susu kedelai. Belum ada penelitian yang benar-benar menyatakan bahwa susu kedelai membahayakan bagi janin dalam kandungan.