Amankah Ibu Hamil Naik Pesawat?

Banyak yang sudah merencanakan untuk liburan di akhir tahun ini. Mungkin termasuk Anda yang sedang menanti kelahiran seorang anak. Khusus untuk Anda yang sedang hamil harus berfikir dua kali untuk melakukan perjalanan jauh, khususnya naik pesawat terbang. Jadi, tidak amankah ibu hamil naik pesawat?

 

Prosedur Ibu Hamil Naik Pesawat

Selama masa kehamilan perlu diingat bahwa selalu ada kemungkinan terburuk yang tidak bisa diperkirakan sebelumnya. Apalagi jika ingin bepergian ke tempat yang jauh dan harus ditempuh menggunakan pesawat. Oleh sebab itu, jika memang akan bepergian menggunakan pesawat sebaiknya lakukan segala persiapannya dengan matang.

Ada beberapa hal aturan yang diikuti oleh ibu hamil jika ingin menggunakan pesawat terbang.

  1. Untuk wanita hamil yang usia kehamilannya dibawah 36 minggu dan tidak memiliki komplikasi apapun terhadap janin maka hal tersebut masih aman untuk melakukan perjalanan sesekali menggunakan pesawat terbang.
  2. Jika usia kandungan lewat dari 36 minggu maka harus menyertakan surat dokter bahwa waktu kehamilan masih jauh dan tidak ada komplikasi apapun terhadap kehamilannya.

Jadi, jika ibu hamil naik pesawat maka pastikan dalam kondisi yang sehat untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan seperti kelahiran prematur. Jadi, sangat disarankan ibu hamil untuk periksa ke dokter terlebih dahulu sehari sebelum bepergian menggunakan pesawat terbang.

 

Tips untuk Ibu Hamil Naik Pesawat

Berikut ini adalah beberapa tips untuk ibu hamil yang akan bepergian menggunakan pesawat terbang agar perjalanan aman dan menyenangkan:

  1. Jangan menggunakan pakaian yang ketat. Jadi pastikan pakaian ibu hamil adalah longgar.
  2. Mintalah untuk duduk di sisi dekat dengan lorong kabin karena biasanya tempat duduk di wilayah itu sedikit longgar.
  3. Perjalanan udara dapat membuat dehidrasi, minumlah air putih dalam jumlah yang cukup sehingga mengentalkan darah.
  4. Hindari makanan yang akan menyebabkan perut kembung.
  5. Letakkan sabuk pengaman di bawah pinggang. Karena posisi tersebut adalah posisi yang paling nyaman untuk menghindari tertekannya perut.

Agar penerbangan Anda berjalan dengan aman, sebaiknya untuk berkonsultasi ke dokter agar dokter bisa memberikan kepastian aman atau tidaknya ibu hamil naik pesawat.