5 Top Makanan Ibu Hamil

Makanan sehat dan bergizi menjadi salah satu syarat perkembangan janin dengan baik dalam perut ibu. Semakin baik makanan yang dikonsumsi semakin baik perkembangan janin. Untuk itulah ibu hamil harus benar-benar memperhatikannya.

5 Top makanan yang harus diperhatikan ibu hamil adalah sebagai berikut:

  1. Makanan Berkarbohidrat
    Karbohidrat sebagai sumber makanan ibu hamil yang memberi asupan kalori bagi si ibu maupun si janin. Makanan dengan nilai karbohidrat tinggi bisa didapatkan dari nasi, kentang, roti, gandum, sereal, ubi, dan beberapa makanan lainnya.
  2. Makanan Berprotein Tinggi
    Jaringan organ tubuh dan otak janin dibentuk dari kalori. Semakin banyak protein yang dimakan semakin baik bagi perkembangan jaringan baru janin. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi seperti ikan, telur, kacang, susu, dan daging.
  3. Makanan Mengandung Kalsium Tinggi
    Kalsium berfungsi untuk membentuk tulang pada janin. Dengan jumlah kalsium yang seimbang maka akan terbentuk tulang janin yang lengkap dan sehat. Beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu, yogurt, dan keju.
  4. Makanan Bervitamin
    Kandungan vitamin pada makanan memiliki peran sangat besar sebagai makanan ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan ibu dan janin selama proses kehamilan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin adalah buah dan sayur.
  5. Makanan Kaya Mineral
    Mineral berfungsi untuk proses pembentukkan jaringan dalam tubuh selain juga membantu sistem kerja enzim, kontraksi otot, hingga sebagai respon syaraf pembekuan darah. Makanan ibu hamil yang kaya mineral membantu kehamilan lebih sehat. Beberapa makanan yang mengandung mineral tinggi adalah sayuran dan buah-buahan yang kaya serat seperti bayam, brokoli, kiwi, dan pepaya.

Selain top makanan ibu hamil yang harus dikonsumsi berikut ini ada 5 top makanan ibu hamil yang harus dihindari:

  1. Teh dan kopi serta minuman yang mengandung alkohol.
  2. Fast food seperti hamburger dan ayam cepat saji.
  3. Daging setengah matang.
  4. Makanan yang kurang bersih atau tidak higienis.
  5. Camilan kaya lemak.