5 Gangguan Kesehatan Ibu Hamil

Ketika sedang hamil, bukan hanya psikis yang berubah-ubah setiap saat, Anda pun harus siap dengan berbagai perubahan fisik yang sangat terlihat dan terasakan. Gangguan kesehatan ini akan terjadi di awal kehamilan hingga proses kelahiran si bayi. Setelah bayi lahir, biasanya hilang dengan sendirinya.

Beberapa gangguan kesehatan ibu hamil yang paling sering terjadi adalah sebagai berikut:

  1. Mual dan Muntah
    Terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh, biasanya terjadi di awal-awal kehamilan atau tri semester pertama.
    Tips mengatasinya: menjaga asupan gizi Anda, mengkonsumsi makanan yang direbus, perbanyak makan buah, mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil tetapi rutin dan sering.
  2. Pegal-pegal di sekitar punggung
    Semakin berat beban yang ada di perut Anda semakin besar potensi gangguan pegal. Berat bayi yang terus menekan otot perut dan otot punggung menjadi sumber dari pegal-pegal yang Anda rasakan.
    Tips mengatasi pegal: merebahkan diri di kasur dengan posisi terlentang, memijat pelan bagian punggung yang pegal.
  3. Infeksi gigi
    Salah satu penyebab gangguan kesehatan ibu hamil di wilayah gigi, khususnya gigi berlubang adalah karena kadang leukosit pada ibu hamil yang terus meningkat sehingga menyebabkan infeksi.
    Tips mencegah infeksi gigi: di awal kehamilan sebaiknya memeriksakan gigi terlebih dahulu ke dokter, melakukan perawatan gigi saat hamil, membersihkan gigi secara rutin.
  4. Kram Kaki
    Berat badan ibu hamil yang terus meningkat menyebabkan kaki menjadi lebih lelah dibandingkan biasanya, itulah yang menjadi penyebab terjadinya gangguan kesehatan ibu hamil di wilayah kaki.
    Tips mengatasi kram kaki: menjaga berat badan supaya tidak overweight ketika hamil, menaikkan kaki ke bantal yang lebih tinggi ketika tidur.
  5. Pusing Kepala
    Jumlah sel darah merah yang tidak seimbang atau di bawah normal menyebabkan pusing kepala.
    Tips mengatasi kurang darah: mengkonsumsi makanan dan sayuran yang mengandung zat besi seperti ikan, kangkung, dan ayam, istirahat yang cukup.