5 Ciri-ciri Hamil 3 Bulan Paling Populer

Walau kehamilan mudah diketahui karena ada ciri-ciri fisik yang menyertainya seperti terlambat datang bulan (menstruasi) hingga payudara yang membesar, namun pada sebagian orang terutama wanita yang bertubuh kurus, ciri-ciri ini nyaris tidak terlihat. Bahkan, pada beberapa kasus ada pula yang kehamilannya baru diketahui setelah berusia tujuh bulan.

Dengan mengenal ciri-ciri kehamilan sejak berusia 3 bulan, akan lebih baik bagi perkembangan janin dalam perut. Hamil 3 bulan adalah masa dimana janin membutuhkan asupan gizi yang penting untuk perkembangannya serta beberapa perlakuan khusus yang menyertainya seperti misalnya tidak terlalu sering naik turun tangga.

Ciri-ciri yang menyertai wanita hamil 3 bulan adalah sebagai berikut:

  1. Jika setelah 1 minggu Anda terlambat datang bulan (menstruasi), sebaiknya Anda mulai melakukan test kehamilan. Terlambat datang bulan diakibatkan dari sel telur yang luruh dan berubah menjadi janin. Walau demikian, ada juga kasus dimana setelah terlambat 1 hingga 3 minggu tiba-tiba menstruasi kembali. Penyebab terlambat datang bulan bisa juga dari faktor stress atau karena terlalu lelah, untuk itu segeralah konsultasi ke dokter ahli kandungan untuk mengetahui penyebabnya secara jelas dan pasti.
  2. Bentuk payudara yang berubah menjadi lebih kencang dan berisi merupakan ciri lain dari wanita yang hamil 3 bulan, terkadang payudara ini sangat sensitif jika disentuh selain juga biasanya terasa gatal. Payudara yang membesar merupakan salah satu adaptasi tubuh menyambut janin yang dikandung untuk kemudian menyusui si bayi.
  3. Jika tiba-tiba Anda sering mual dan muntah di pagi hari, atau lebih sering disebut morning sick maka bersiaplah menyambut kehadiran janin di perut Anda. Ciri-ciri ini lazim terjadi pada wanita hamil 3 bulan apalagi jika mencium bau-bauan tertentu.
  4. Meningkatnya keinginan buang air kecil merupakan salah satu ciri lain yang dialami oleh wanita hamil 3 bulan.
  5. Menginginkan makanan tertentu atau ngidam adalah reaksi umum lain yang terjadi pada wanita hamil 3 bulan terutama ngidam makanan yang segar, asam, atau makanan yang kadang sulit didapatkan.