10 Pantangan Ibu Hamil

Ada banyak pantangan ibu hamil di masyarakat, ada yang hanya sekadar rumor ada juga yang sudah fakta dan harus diikuti.

Agar Anda tidak bingung mengenai pantangan mana yang benar dan salah,ada 10 pantangan ibu hamil yang akan dikupas disini:

  1. Tidak memakan daging mentah. Dikarenakan daging mentah memiliki risiko terkontaminasi oleh bakteri dan parasit yang membahayakan kesehatan janin.
  2. Pantang makan lalapan yang belum dicuci. Lalapan yang belum dicuci mengantarkan berbagai penyakit ke dalam perut Anda dan ini akan membahayakan janin dalam kandungan.
  3. Menghindari mengkonsumsi ikan dengan kandungan merkuri tinggi di dalam lemaknya karena bisa menyebabkan gangguan saraf dan perkembangan janin.
  4. Pantangan ibu hamil yang lumayan penting adalah hindari mengkonsumsi alkohol karena bisa menyebabkan keguguran dan bayi lahir sebelum waktunya.
  5. Berhenti mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein karena kafein bisa melintasi plasenta, dan meningkatkan denyut jantung yang dapat mempengaruhi pernafasan janin selain juga menyerap zat besi yang seharusnya diserap oleh janin.
  6. Stop merokok karena bisa menularkan nikotin dan menimbulkan risiko kanker pada bayi selain menyebabkan keguguran dan bayi lahir sebelum waktunya.
  7. Hentikan mengkonsumsi obat-obatan yang membahayakan, jikapun si ibu sakit maka penggunaan obat harus dalam pengawasan dokter.
  8. Hindari kegiatan membersihkan kandang kucing atau anjing yang bisa mengakibatkan toksoplasmosis yang bisa berbahaya bagi janin.
  9. Temperatur tinggi ketika sedang mandi sauna bisa mengganggu perkembangan janin dan menyebabkan ibu hamil pingsan.
  10. Hindari menggunakan pembersih alat kelamin karena bisa mempengaruhi kondisi kelamin dan meningkatkan risiko infeksi pada saluran kandung kemih atau infeksi jamur.

Selain 10 Pantangan Ibu Hamil diatas, ada beberapa pantangan lainnya yaitu :

  • Melakukan test tertentu dengan menggunakan sinar X-ray bisa membahayakan janin.
  • Mengangkat barang-barang yang berat bisa meningkatkan rasa sakit di wilayah punggung.
  • Pewarnaan pada rambut bisa menyebabkan kanker yang umum terjadi pada anak.
  • Kondisi psikis ibu bisa memengaruhi psikis anak. Maka, pantangan ibu hamil selanjutnya adalah bersikap pemarah, kesal, dan penuh kebencian karena bisa membuat karakter si bayi seperti itu.